Daerah

Warga Lubuk Basung Serbu Bazar Sembako Murah

Halosumbar.com – Ratusan warga Lubuk Basung dan sekitarnya tumpah ruah di terminal Pasar Padang Baru, Senin (14/5) sekira pukul 09.30 WIB. Masyarakat menyerbu bazar sembako murah yang digelar Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam berkerjasama dengan Badan Usaha Logistisk (Bulog) Bukittinggi. Bazar sembako murah tersebut digelar untuk menyambut bulan suci ramadhan serta normalisasi harga sembako di pasaran.

Pantauan tim Halosumbar.com di lokasi bazar tampak ratusan warga berebut membeli sembako. Di dalam tenda puluhan panitia sibuk melayani pembeli. Sementara tumpukan sembako yang disediakan panitia sedikit demi sedikit menyusut dibeli warga.

Harga sembako yang ditawarkan relatif murah dibandingkan harga normal. Seperti harga cabe merah dijual Rp 34 ribu per kilogram dari harga normal Rp 40 ribu. Telur ayam dipatok harga Rp 39 ribu per 30 butir dari harga normal Rp 44 ribu. Bawang merah dibandrol Rp 27 ribu per kilogram dari Rp 38 ribu.

Kehadiran bazar sembako murah yang hanya dilakukan satu hari tersebut, disambut suka cita sejumlah warga. Seperti yang dikatakan Wati (38) warga Geragahan misalnya. Dia mengaku mujur dengan adanya bazar sembako yang diadakan jelang bulan puasa tersebut.

“Mujur saya. Bisa sediakan stok untuk bulan puasa. Di balai harganya mahal,” ujarnya.

Hal senanda juga diutarakan Aman (54), dia mengaku membeli telur ayam untuk bekal awal bulan puasa.

“Biasanya harga telur jelang puasa sering mengalami kenaikan. Makanya sediakan stok. Tapi sayangnya, kita tidak bisa beli banyak karena dibatasi panitia,” terangnya.

Sementara itu, Staf Bulog Bukittinggi, Raneldi, menyebutkan untuk harga beras bulog, gula, minyak goreng dan daging beku dijual di bawah harga enceren tertinggi yang ditentukan pemerintah.

Baca juga :  Jalan Berlubang tak Kunjung Diaspal, Warga Parumpuang, Kecamatan Payakumbuh Tanam Pisang

“Kita jual sesuai standar harga yang telah ditentukan,” sebutnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto, mengatakan tujuan dari penyelenggaraan bazar murah tersebut adalah dalam rangka membantu warga dalam memenuhi kebutuhan sembako jelang ramadhan dan normalisasi harga.

“Pertama membantu warga dalam memenuhi kebutuhan pokok. Kedua untuk normalisasi harga sembako di pasaran,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecurangan, seperti penumpukan sembako oleh pedagang usil, pihaknya menentukan jumlah barang yang bisa dibeli.

“Untuk telur boleh dibeli hanya satu krai, ikan tiga kilogram, beras sepuluh kilogram,” sebutnya lagi.(HS/Depit)

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top