by

Ustadz Abdul Somad Grogi Ceramah di Negeri Penghasil Ulama

HaloSumbar.com – Ustadz Abdul Somad, Lc, MA, mengaku grogi ketika berceramah di negeri penghasil ulama, persisnya di Kabupaten Agam. Betapa tidak, ustad kondang yang tengah naik daun itu merasa gamang kalau-kalau anak, cucu, dan kemenakan ulama-ulama besar turut hadir mendengarkan ceramahnya.

“Banyak sekali ulama besar lahir di negeri ini yang namanya harum di kancah internasional,” katanya di Masjid Agung Nurul Falah Padang Baru, Lubuk Basung, Jum’at (10/11).

Ustadz Abdul Somad bersyukur bisa tausiah di Kabupaten Agam. Pasalnya di negeri ini banyak melahirkan ulama ternama. Katakanlah itu Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi atau penerusnya Syekh Sulaiman Arrasuli.

Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang lebih akrab di telinga dengan Buya Hamka juga satu di antaranya. Buya Hamka meraih gelar Dr HC (doktor honoris causa) dari Universitas Islam tertua di dunia, Universitas Al Azhar, Kairo Mesir. Beliau berasal dari keluarga ulama pula, bahkan ayahnya pun mendapatkan gelar Dr HC dari universitas yang sama.

Dengan nama-nama besar tersebut tidak bisa tidak untuk negeri ini mewujudkan cita-cita pemerintah. Lebih-lebih dengan Gerakan Nagari Madani.

“Adapun yang menjadi syarat negeri madani ialah masyarakat harus rajin ke surau atau masjid, membaca Al Quran, berzakat, dan mensyiarkan ajaran agama Islam. Semoga Pemkab Agam dapat memadanikan masyarakat di negeri para ulama ini,” ujarnya.

Melalui Gerakan Nagari Madani, dia berharap masyarakat kembali lagi ke surau. Dikatakannya, Kabupaten Agam dapat menjadi contoh bagi kota dan kabupaten lainnya yang ada di nusantara.

Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad, Lc, MA memberikan ceramah agama di Masjid Agung Nurul Falah, Lubukbasung, Jumat (10/11).

Sementara itu, Bupati Agam, Indra Catri berharap tausiah yang disampaikan sang ustadz, dapat memberikan manfaat dan menjadi tauladan, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Agam.

“Tausiah yang disampaikan sungguh luar biasa. Beliau mampu menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan dengan bertutur kata yang baik. Semoga akan lahir Somad-Somad lainnya di Kabupaten Agam,” harapnya.

Lebih-lebih saat ini lanjutnya, Kabupaten Agam telah menggalakkan Gerakan Nagari Madani satu bulan lalu. Tidak lain tujuannya adalah untuk menggerakan masyarakat kembali ke masjid, surau, dan terciptanya negeri yang agamais. (HS/rel)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

News Feed