Remaja

Mahasiswa Unand Ciptakan Alat Pemarut Ubi Otomatis, Produksi Kerupuk jadi Lebih Gampang

HaloSumbar.com – Siapa tak kenal kerupuk katam atau kerupuk sarang balam? Dengan inovasi yang digagas oleh lima mahasiswa Universitas Andalas (Unand), produksi kerupuk dengan bahan baku ubi itu jadi lebih mudah.

Tim yang terdiri dari lima mahasiswa Unand ini berhasil menciptakan alat pemarut ubi otomatis. Mereka berlima yaitu M Ibkar Yusran Asfar sebagai ketua. Kemudian, Rifan Fathurrahman, Aga Agustio Suhada, M Adli Hawariyan dan Marthatillah sebagai anggota.

“Inovasi ini murni lahir berbekal ilmu pengetahuan yang didapatkan dari bangku kuliah,” ucap Ibkar saat berbincang dengan wartawan di Bukittinggi, Minggu (15/7/2018).

Alat yang diberi nama Aa Gym (Automatic Greated Yam Machine) ini dapat mempermudah proses pengolahan bahan baku ubi untuk kerupuk katam. Selain itu, tentu dapat meningkatkan jumlah produksi kerupuk yang juga dikenal dengan nama kerupuk sarang balam tersebut.

Tim mahasiswa Unand ini, berkerjasama dengan mitra UKM Sarang Balam milik Khairul, di Jorong Piladang, Kabupaten Limapuluh Kota.

“Mitra kami, UKM Sarang Balam Pak Khairul ini, menggunakan bahan baku 200 ubi setiap hari. Dengan waktu pengerjaan 3 jam, dapat menghasilkan 2.000 buah kerupuk katam per harinya,” terang mahasiswa kelahiran Padang, 27 Oktober 1996 itu.

Pembuatan kerupuk sarang balam di UKM ini, lanjut Ibkar, dilakukan oleh dua orang pekerja. Proses pemarutan sebelumnya menggunakan cara manual. Sehingga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya lamanya proses pemarutan dan membutuhkan tenaga ekstra.

“Adapun alat Aa Gym yang kami ciptakan, menggunakan mata pisau yang bekerja lebih otomatis. Saat memarut ubi, alat ini digerakkan oleh motor yang dialiri arus listrik. Sehingga pekerja hanya perlu memasukkan ubi,” jelas mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2014 ini.

Setelah ubi dimasukkan ke dalam alat, dijelaskan Ibkar lebih lanjut, pekerja tinggal menutup dan menekan ganggang. Mata pisau yang bergerak potong translasi, akan memakan ubi.

Baca juga :  Menengok Aksi Super Hero di Pekan Raya Visual Mahasiswa DKV UNP

“Dengan cara yang otomatis ini dapat mengiris ubi menjadi lebih cepat,” tegasnya.

Disebutkan, alat ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya bekerja secara otomatis, menghemat waktu dan dapat meringankan tenaga pekerja pembuat kerupuk.

Ibkar berharap alat “Aa Gym” ini dapat digunakan oleh para pelaku UKM untuk meningkatkan produksi usahanya menjadi berkali-kali lipat dari sebelumnya.

“Kami berharap ke depannya alat ini dapat dipatenkan. Alat ini dapat digunakan tidak hanya untuk memarut ubi untuk produksi sarang balam. Tetapi, juga untuk jenis usaha keripik lainnya karna mata pisau yang dapat diganti-ganti sesuai dengan jenis kerupuk yang akan dibuat,” pungkasnya. (HS/Oneal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top