by

Tolak Laporan Irwan Prayitno, Puluhan Wartawan Gelar Aksi Solidaritas di Jam Gadang

HaloSumbar.com – Buntut dari pelaporan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno terhadap wartawan Haluan, Bhenz Maharajo menuai simpati banyak pihak. Diantaranya ditunjukkan rekan se-profesi di Kota Bukittinggi.

Puluhan wartawan menggelar aksi solidaritas di Jam Gadang, Jumat siang (4/5). Peserta aksi solidaritas dari berbagai kalangan lintas usia ini datang ke Jam Gadang dengan membawa tulisan di atas kertas karton warna-warni.

Sejumlah kalimat penolakan dituliskan diantaranya, jangan bunuh Pers, hentikan kriminalisasi terhadap wartawan. Lalu ada juga tulisan dengan tagar #kamihaluan #savejurnalis dan #KamiBhenz.

Koordinator Aksi, Fadli Reza dalam orasinya menyayangkan tindakan pelaporan oleh gubernur. Menurutnya, Irwan Prayitno tidak memahami undang-undang pokok pers.

Ditegaskannya, aksi solidaritas ini menggambarkan masih kompaknya wartawan di Sumbar.

“Meskipun yang dilaporkan dan tersakiti berada di Kota Padang namun kekompakan masih bisa ditampakkan di bawah Jam Gadang,” katanya.

Ketua PWI Bukittinggi, Asrial Gindo yang juga turun tangan dalam aksi solidaritas itu menambahkan upaya kriminalisasi terhadap wartawan jika ditindaklanjuti oleh Kapolda Sumbar artinya ada pengingkaran terhadap kesepakatan Dewan Pers dan Kapolri.

“Jika hari ini menimpa satu wartawan, maka tidak menutup kemungkinan akan dialami pula oleh wartawan lainnya. Dengan ini kami berharap tidak ada lagi upaya pembungkaman terhadap karya jurnalistik,” katanya. (HS/Oneal)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

News Feed