Daerah

Hebat, Tim Jelajah Nagari Kemendes PDTT Dipimpin Pemuda Asal Agam

HaloSumbar.com – Hari ini, Minggu (10/6) merupakan hari kedua Tim Jelajah Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menjelajahi setiap jengkal nagari-nagari di Sumatra Barat (Sumbar). Direncanakan hari ini tim sampai di Kota Padang, lalu bergerak menuju Padangpariaman, Pariaman, Pasaman Barat, Pasaman, Bukittinggi, Agam, dan Limapuluh Kota.

Melalui siaran pers yang diterima, tim jelajah nagari Kemendes PDTT akan mengunjungi 31 titik untuk 31 agenda selama empat hari. Ada pun agenda utama adalah melakukan evaluasi secara menyeluruh atas pencapaian dari pendistribusian Dana Desa yang sudah diberikan kepada setiap nagari di Sumbar.

Lalu, siapa yang dipercayai Kemendes PDTT untuk memimpin tim jelajah desa tersebut di Sumatera Barat? Ternyata, Menteri Eko Putro Sandjojo mempercayai ketua tim dipimpin oleh sosok berikut.

Dia adalah H Febby Datuk Bangso, tokoh muda asal Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Di lingkup Kemendes PDTT, putra asal Agam tersebut sudah tidak asing. Selain menjadi Staf Khusus Kemendes PDTT bidang Kebijakan Strategis, dia juga bertugas sebagai Ketua Forum Bumdes Indonesia.

“Tentunya beliau juga sudah sangat paham karakter dan kondisi di Sumbar,” kata Eko Putro Sandjojo.

Kehadiran tim jelajah nagari Kemendes PDTT, dibeberkan politisi yang juga Ketua Umum DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumbar tersebut, bertujuan untuk melihat dari dekat pencapaian pendistribusian Dana Desa dan sejauh mana pencapaian yang telah terjadi.

“Agenda ini juga akan ditindaklanjuti dengan diskusi bersama pihak-pihak yang bersentuhan,” kata lelaki yang akrab disapa Datuk Febby itu.

Jika ditemukan kekurangan atau masalah di lapangan, lanjutnya, bisa segera ditindaklanjuti untuk diperbaiki.

Dibeberkannya lebih jauh lagi, penggunaan dana desa memiliki ruang lingkup yang luas. Tak hanya bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur saja, tetapi juga bisa dikembangkan untuk pengembangan ekonomi serta mendorong kegiatan-kegiatan produktif lainnya, termasuk ekonomi kreatif yang ditujukan untuk kemajuan desa atau nagari.

Baca juga :  Kunjungi Bukittinggi, Calon Presiden 2024-2029 Tsamara Amany Kagumi Nasi Kapau

Dia juga menyebutkan, dari kunjungan Tim Jelajah Desa Kemendes yang sudah mengunjungi berbagai daerah di Indonesia, terlihat kemajuan nyata dari bantuan Dana Desa yang sudah dikucurkan. Terjadi lompatan besar dari berbagai sektor di desa. Tak hanya membuka isolasi desa, tetapi peningkatan SDM masyarakat desa dan peningkatan perekonomian. (HS/Depit)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top