in

Tim Dokter Pastikan Kesehatan Harimau Palupuah

HaloSumbar.com – Tim dokter memastikan kondisi anak harimau Sumatera yang terperangkap kerangkeng di kawasan Palupuah, Kabupaten Agam dalam kondisi sehat. Untuk proses evakuasi, rencananya akan dilaksanakan penyuntikan obat penenang.

“Dengan obat ini, harimaunya bisa tenang sekitar dua jam. Biasa dipakai juga untuk hewan ternak selama dalam proses transportasi,” kata drh. Syefrizal, Tim Penyelamatan Satwa Liar BKSDA Sumbar yang turun ke lokasi, Minggu siang (15/4).

Dari penampakan sepintas, lanjut Syefrizal, tidak ditemukan luka terbuka, mulut juga tidak menggigit kerangkeng.

Kendati begitu, Tim dokter belum dapat memastikan jenis kelamin anak harimau tersebut.

“Agak susah dibedakan hanya dari coraknya, karena jenisnya harimau sumatera. Dugaan sementara, harimau ini betina. Beratnya antara 60 sampai 70 kilogram,” imbuhnya.

Tim dokter memilih memberikan obat penenang dibandingkan bius total agar memudahkan saat dilepas liar.

“Kalau dibius, akan lambat untuk sadar saat dilepas liarkan. Sehari dua hari juga masih hilang nafsu makannya. Karena itu diberi obat penenang saja dengan dosis tertentu,” katanya.

Sebelumnya, seekor anak harimau sumatera terperangkap masuk kerangkeng, Sabtu pagi (14/4), yang dipasang BKSDA Sumbar empat hari lalu.

Terkait : Anak Harimau Sumatera Masuk Perangkap di Palupuah

Anak harimau ini telah meresahkan warga karena sejumlah hewan ternak ditemukan mati di areal perkebunan.

“Kami masih menunggu arahan pimpinan, untuk tindak lanjut evakuasi harimau ini,” kata Kepala BKSDA Sumbar resort Bukittinggi, Andrik. (HS/Oneal)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Berkas Perkara Pembunuhan Pedagang Kain di Solok Selatan Dinyatakan P21 

MAN 2 Solok Selatan Sukses Laksanakan UNBK Lewat Komputer Pinjam