Daerah

SRG Juara I Anugerah Pesona Indonesia, Muzni : Momentum Kembangkan Wisata Solsel Lebih Serius

Solok selatan juarai anugerah pesona indonesia

HaloSumbar.com – Kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG) keluar sebagai pemenang kampung adat terpopuler pada malam puncak pergelaran API 2017 setelah memperoleh voting tertinggi 50,19 persen.

Anugerah itu diberikan oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, yang diwakili Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Ukus Kuswara yang diterima langsung Bupati Solsel, H. Muzni Zakaria di Studio 3 Metro TV, jalan Kedoya, Kebun Jeruk, Jakata Barat, Sabtu malam (25/11).

Muzni Zakaria mengatakan anugerah yang diperoleh SRG sebagai kampung adat terpopuler, tak terlepas dari dukungan semua pihak.

“Kita bersyukur atas capaian ini, ribuan terimakasih kami berikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan ikut berperan menjadikan SRG keluar sebagai juara I dalam API 2017 ini,” kata Bupati.

Penghargaan tersebut lanjut Muzni, diharapkan menjadi momentum dan motivasi bagi seluruh pihak untuk lebih mempersiapkan pariwisata Solsel lebih baik lagi ke depannya. Artinya, tidak hanya kawasan SRG saja melainkan objek wisata lain di Solsel juga turut dihantar agar meraih penghargaan tingkat nasional bahkan internasional nantinya.

“Sebab, Solsel kaya akan budaya dan punya bejibun destinasi wisata yang tak kalah indah dari daerah lain di tanah air. Setidaknya, kita di Solsel punya rumah gadang terpanjang di dunia yang berada di Nagari Abai, wisata sejarah PDRI di Bidar Alam, Goa Batu Kapal dengan seribu warna, air terjun dan sungai yang begitu banyak, dan potensi lain yang tengah kita kembangkan,” bebernya.

Kesempatan tersebut, Bupati juga mengaku bangga bahwa Solsel memiliki generasi yang telah mampu mengikuti perkembangan era digital ini. Keberadaan penggiat media sosial atas nama masyarakat Solsel terus bahu-membahu mensosialisakan pariwisata daerah.

“Terimakasih khusus kami berikan kepada komunitas tersebut yang tidak bisa disebutkan satu-persatu. Penghargaan ini dari masyarakat dan tentunya kita persembahkan untuk masyarakat Solsel secara keseluruhan,” tukas Muzni.

Baca juga :  Juara FLS2N, Tari Nan Bapamenan Bawa Penari Cilik Bukittinggi ke Amerika Serikat

SRG sendiri, keluar menjadi yang terbaik dengan posisi vote 50,19 persen. Jajak pendapat SRG unggul jauh dari pesaingnya Kete’ Keshu, kampung adat dari Kabupaten Toraja Utara yang hanya memperoleh vote 13,79 persen sebagai runner up. Sementara juara III diraih kampung wisata Mangunan, Bantul, Yogyakarta dengan mengumpulkan vote 11,9 persen. (HS/BI)

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top