by

Hujan Deras, Satu Rumah Rusak Ditimpa Pohon Di Solsel 

HaloSumbar.com – Akibat hujan deras, satu rumah rusak ditimpa pohon tumbang di Solok Selatan (Solsel). Peristiwa tersebut terjadi di Sikinjang nagari Lubuk Gadang, Solok Selatan, Jumat (6/10) sekitar pukul 16.00 Wib.

Hujan deras yang juga disertai angin kencang melanda wilayah tersebut, membuat pohon damar yang berada dekat rumah tumbang dan menimpa bagian dapur rumah milik Nursyafni, 42, warga setempat.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Warga dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mengevakuasi reruntuhan pohon tersebut.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari (Dinsos dan PMD) Solsel, Hapison menyebutkan, kejadian pohon tumbang itu tepatnya terjadi di Jorong Bukit Malintang Utara.

“Saat kejadian terjadi, curah hujan cukup tinggi dan disertai oleh angin yang kencang. Akibatnya dapur rumah korban hancur setelah ditimpa,” ungkapnya saat mendampingi Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman mengunjungi rumah korban, Minggu (8/10/2017).

Hapison menghimbau, kepada masyarakat agar berhati-hati dengan keadaan cuaca yang buruk dan tidak menentu saat ini.

“Sekarang sedang musim hujan juga diserta angin. kepada masyarakat, terutama yang rumahnya dekat dengan pohon besar agar berhati-hati, kalau perlu pohon tersebut ditebang saja, untuk menghindari terjadinya peristiwa yang sama,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Solok Selatan H. Abdul Rahman saat meninjau rumah korban mengatakan agar memasukkan rumah tersebut untuk mendapatkan bantuan bedah rumah.

“Kita minta kepada Camat Sangir agar memprioritaskan rumah ini untuk mendapatkan bantuan perbaikan,” ujarnya.

Selain itu, Wabup juga menyalurkan bantuan logistik kepada Nursyafni (korban, red).

Wabup berharap bantuan itu dapat meringankan beban yang sedang diderita oleh korban.

Bantuan tersebut berupa beras, kasur, bantal, air mineral, kompor gas, gas, minyak makan, sarden, ember, gayung, mie instan, pakaian sekolah, buku tulis, family kids, dan terpal.

“Untuk bantuan berupa atap rumah dan papan buat memperbaiki bagian rumah yang rusak akan menyusul karena belum bisa dibawa sekarang,” tuturnya saat menyerahkan bantuan logistik tersebut.(HS/BI) 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed