Peristiwa

Kebakaran Landa Kawasan Saribu Rumah Gadang, Satu Unit Rumah Jadi Abu

HaloSumbar.Com – Kebakaran hebat melanda kawasan Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan, Sabtu (24/2). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas itu, namun satu unit rumah milik Nurbani, 67, jadi abu dilalap api.

Untungnya, kobaran api berhasil dipadamkan dan tidak meluas ke lokasi yang padat penduduk itu. Petugas pemadam kebakaran, turut dibantu puluhan warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Firdaus Firman, salah seorang saksi mata menyebutkan api berhasil dipadamkan berselang sekitar satu jam pasca kejadian. Sedikitnya dua mobil pemadam kebakaran (Damkar) diturunkan untuk upaya pemadaman.

“Kebakaran ini sempat membuat warga di sekitar panik, api cepat membesar karena bangunan rumah terbuat dari kayu. Bahkan, api sudah menjalar ke plafon rumah di sebelahnya, namun berhasil dicegah meluas dan dipadamkan,” kata pria yang menjabat sebagai Kabag Humas Pemkab Solsel yang juga tinggal di kawasan perkampungan adat terpopuler itu.

Di lokasi kejadian katanya, merupakan kawasan permukiman yang padat. Sedikitnya ada sekitar tujuh hingga delapan rumah yang berdekatan, ada rumah kontrakan dan rumah warga. Namun, berkat kesigapan petugas Damkar dibantu oleh warga setempat api dapat dicegah meluas.

Satu unit rumah warga yang ludes dilalap api dalam peristiwa itu lanjutnya di huni delapan orang yang terangkum dalam dua Kepala Keluarga (KK). Namun, Pemda Solsel melalui Sekkab Solsel dan dinas terkait sudah turun langsung menyerahkan bantuan kepada keluarga korban.

Sejauh ini tambahnya, Dinas dan pihak terkait masih menelusuri penyebab dan besaran kerugian yang ditimbulkan dari kejadian itu. Ia pun belum bisa memberikan keterangan dugaan penyebab kebakaran itu.

“Saya masih berkoordinasi dengan instansi terkait tentang penyebabnya apa. Sejauh ini belum diketahui. Apakah dari konsleting listrik atau lainnya, belum diketahui,” tegasnya.

Baca juga :  SRG Juara I Anugerah Pesona Indonesia, Muzni : Momentum Kembangkan Wisata Solsel Lebih Serius

Peristiwa kebakaran sendiri berada dalam kawasan SRG, namun katanya tidak di titik berjejerannya rumah gadang, melainkan di seberang jalan kawasan bangunan rumah gadang.

“Memang dalam kawasan SRG, tapi di permukiman warga atau bukan di lokasi berjejernya rumah gadang. Kami berharap agar dalam revitalisasi kawasan nantinya, sepaket dengan perbaikan akses listrik dalam kawasan SRG,” katanya.(HS/BI)

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top