by

Riza Falepi-Erwin Yunaz Dilantik, Apa Visi Misi Mereka untuk Payakumbuh?

HaloSumbar.com – Riza Falepi-Erwin Yunaz dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh periode 2017-2022 pada Sabtu ini (23/9/2017). Pasangan yang dijuluki F-Win (Falepi-Erwin) ini dilantik oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Apa visi misi mereka untuk Payakumbuh?

Riza Falepi-Erwin Yunaz, menyerahkan visi-misi kepada KPUD Payakumbuh. Inilah, visi misi mereka yang disunting tim redaksi HaloSumbar.com.

Pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz punya visi menjadikan “Payakumbuh Maju, Sejahtera dan Bermartabat, Dengan Semangat Kebersamaan, Menuju Payakumbuh Menang”. Visi ini, tentu tidak sembarangan ditulis.

Misalnya, “Payakumbuh”. Dijelaskan Riza-Erwin, Payakumbuh yang mereka maksud di sini adalah “Payakumbuh dengan segala kesatuannya: kesatuan demografis, kesatuan geografis, dan kesatuan budaya. Ini berarti, pembangunan yang dilaksanakan di Payakumbuh lima tahun mendatang, merupakan pembangunan yang komprehensif, integral, menyeluruh dan merata”.

Sedangkan “Maju” yang dimaksud Riza-Erwin dalam visi misi mereka adalah “Kondisi dimana pada tahun 2021 Payakumbuh menjadi lebih baik, dengan kualitas hidup yang relatif tinggi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan ketersediaan infrastruktur, serta sarana dan kualitas yang memperhatikan efek keberlanjutan lingkungan”.

Sementara, “Sejahtera” dimaknai Riza -Erwin sebagai “peningkatan standar hidup yang masih sehat, handal, makmur, dan merata, yang diindikasikan dengan pendapat perkapita melampaui rata-rata nasional (non migas)”.

Adapun “Bermartabat”, diterjemahkan Riza-Erwin sebagai “harkat atau harga diri yang menunjukan eksistensi masyarakat kota dengan karakteristik dan budaya masyarakat yang dapat dijadikan teladan. Karena ketaatan, ketaqwaan, dan kedisiplinannya, berangkat dari akar budaya minang, ’Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabulloh, dalam arti yang seluas-luasnya, tanpa mengabaikan pluraritas budaya yang ada di sekitar kita.”

Sedangkan “Semangat Kebersamaan” dalam visi misi Riza-Erwin, diartikan sebagai upaya “menghadirkan kekuatan politik, pemerintahan sosial budaya dan ekonomi, melalui semangat kebersamaan, dengan menggunakan modal pertumbuhan tinggi yang independen, dengan berbasis produksi tanpa dibatasi dengan sekat wilayah demokratis kota.”

Sementara, kalimat “Menuju Payakumbuh Menang” dalam visi-misi Riza-Erwin, diartikan sebagai “Kesiapan Payakumbuh untuk menghadapi globalisasi, berbasis kekuatan lokal, untuk menjadi yang terbaik dan terdepan dengan mempertahankan pencapaian sebelumnya, serta menjadi contoh bagi bagi daerah lain untuk menciptakan perubahan bagi kenyamanan dan kesejahteraan warga kota Payakumbuh.”

visi misi riza falepi
Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh 2017 – 2022

Selain itu, “Menuju Payakumbuh Menang” dalam visi misi Riza Falepi-Erwin Yunaz diartikan, “Maju dalam ketersediaan infrastruktur, sejahtera secara ekonomi dan SDM yang bermartabat, dengan berbasis potensi lokal yang mempunyai daya saing dengan semangat kebersamaan.”

Lantas, apa keterkaitan visinya dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Payakumbuh 2010-2025?  ‘’Terwujudnya Payakumbuh Sebagai Kota Maju Dengan Perkembangan Sentra Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah ‘’

“Payakumbuh sebagai kota maju tahun 2025 akan ditandai dengan tingkat pendapatan perkapita masyarakat yang sudah tergolong dalam kategori berpenghasilan menengah. Di samping itu, kota maju berarti bahwa kualitas hidupnya juga sudah cukup baik, sehat dan menyenangkan dengan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan,” tulis Walikota Incumbent ini.

Sedangkan visi “Payakumbuh Maju, Sejahtera dan Bermartabat, Dengan Semangat Kebersamaan, Menuju Payakumbuh Menang”, Riza Falepi-Erwin Yunas, memiliki enam buah misi.

1. MEWUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG HANDAL, SEHAT, DAN KOMPETITIF.
2. MEMBANGUN PEREKONOMIAN YANG TANGGUH, UNGGUL, BERDAYA SAING DAN BERKEADILAN DENGAN BERBASIS EKONOMI KERAKYATAN.
3. MENINGKATKAN PENATAAN KOTA, KETERSEDIAAN INFRASTRUKTUR DAN FASILITAS UMUM YANG NYAMAN DAN BERKELANJUTAN.
4. MENGHADIRKAN TATA KELOLA PEMERINTAH YANG BAIK DAN BERSIH
5. MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG BERAKHLAK MULIA DAN BERBUDAYA, BERDASARKAN ADAT BASANDI SYARAK, SYARAK BASANDI KITABULLAH (ABS-SBK). (HS/tim)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed