Program Vaksinasi Butuh Dukungan Semua Elemen

  • Whatsapp

Agam, HaloSumbar.Com — Upaya percepatan pembentukan herd immunity di Kabupaten Agam butuh dukungan semua elemen. Seluruh pihak harus berpartisipasi menyebarluaskan ajakan vaksinasi kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah, Kamis (26/8). Menurutnya penanganan pandemi Covid-19 ini perlu sinergi dan gotong royong. Tanggungjawab mengejar percepatan proses vaksinasi tak bisa hanya dibebankan pada pemerintah semata.

“Kita harus melaksanakan program ini bersama-sama. Semua harus ikut andil dalam mengedukasi masyarakat akan pentingnya program vaksinasi,” kata Irwan Fikri yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam.

Ia membeberkan, cakupan vaksinasi di Kabupaten Agam masih belum mencapai target herd immunity sejauh ini. Tingkat partisipasi masyarakat mengikuti program imunisasi Covid-19 tersebut diakuinya masih sangat minim.

Rendahnya animo masyarakat kata Wabup, salah satunya dipengaruhi rasa ketidakpercayaan. Pikiran publik sudah lebih dulu dibumbui berita-berita hoax seputar program vaksinasi yang disebut-sebut bisa menimbulkan efek negatif bagi tubuh.

Oleh sebab itu, dirinya meminta semua pihak aktif mensosialisasikan program dan mengedukasi masyarakat agar tidak mudah percaya kabar hoax semacam itu. Selain stakeholder pemerintah, dukungan stakeholder lainnya seperti generasi muda sangat diharapkan.

“Generasi muda juga harus mengambil peran. Forum anak misalnya, komunitas generasi muda yang langsung berkecimpung dan membaur di tengah masyarakat juga harus ikut andil mengedukasi masyarakat akan pentingnya program vaksinasi. Membantu meluruskan pemahaman masyarakat atas kabar hoax terutama kepada keluarga sendiri,” tutur Wabup.

Apalagi imbuhnya, dalam waktu dekat pemerintah akan memakai Vaksin Moderna yang efeknya jauh lebih kuat dibanding Vaksin Sinovac. Meskipun efek Moderna cukup berat, tapi nilai manfaatnya jauh lebih besar dari Sinovac.

“Jadi ketika masyarakat sudah diberikan pemahaman terlebih dahulu apa dampaknya, maka mereka juga sudah siap,” imbuh wabup.

Irwan Fikri mengimbau, bagi warga yang sudah vaksinasi agar tetap menerapkan protokol Covid-19. “Tetap cuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Menjaga diri dengan sebaik-baiknya harus tetap kita lakukan,” ajaknya.(HS-01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *