in

Profesi Dadakan Jelang Hari Raya Idul Fitri, Nomor 9 Maksa Banget

HaloSumbar.com – Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Umat muslim sudah mulai sibuk dengan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menyambut lebaran. Mudik, beli baju baru, buat kue lebaran adalah tradisi mainstrim dilakukan jelang Hari Lebaran. Nah, uniknya tradisi tersebut justru membawa berkah bagi mereka yang jeli. Penasaran?

Bagi mereka yang jeli dalam menangkap peluang pasar akan memanfaatkan momen lebaran sebagai ajang mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Siapa sajakah mereka?

Berikut 10 profesi dadakan yang ada hanya saat menjelang lebaran, seperti dihimpun halosumbar.com dari berbagai sumber:

1. Manambang THR

Lebaran identik dengan bagi-bagi uang lebaran atau THR. Di Sumatra Barat kegiatan ini dikenal dengan manambang. Aktifitas ini dimulai H-3 lebaran dan puncaknya H+3 lebaran. Anak-anak adalah pelaku terbanyak aktifitas menambang ini. Anak-anak yang tak dikenal bertamu ke rumah-rumah adalah hal yang lumrah pada masa lebaran.

2. Pedagang bungkus ketupat

Ya, ketupat agaknya telah menjadi simbol Hari Raya Idul Fitri. Hampis seluruh masyarakat membuat masakan yang berbahan ketupat. Nah, tidak seperti zaman dulu, saat ini tak semua orang punya keahlian membuat bungkus ketupat. Melihat fenomena tersebut, pedagang bungkus ketupat sepertinya menjadi salah satu profesi dadakan yang paling menjanjikan jelang lebaran.

3. Pedagang bunga rampai

Jelang Hari Raya Idul Fitri biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berziarah ke makam sanak keluarga. Momen ini justru menjadi kesempatan emas bagi para pedagang bunga dadakan.

4. Pedagang kue

Nah buat profesi yang satu ini jangan ditanya lagi. Mungkin dari kesekian profesi dadakan, pedagang kue lebaran menjadi profesi paling menggiurkan. Tidak percaya? Tanyakan saja berapa keuntungan yang mereka dapatkan dari profesi musiman ini.

5. Pedagang daging

Adalah suatu hal yang lazim jika lebaran tiba harga daging kian meroket. Jadi, jangan heran jika menjumpai banyak penjual daging dadakan untuk mengais pundi-pundi rupiah.

6. Pedagang toples

Rasanya kurang lengkap kalau belanja kue tidak dibarengi dengan belanja toples baru. Yap, bagi ibu-ibu, toples adalah belanjaan wajib jelang lebaran bukan?

7. Pedagang baju lebaran

Selain penjual toples dan kue lebaran, pedagang baju lebaran mungkin menjadi profesi yang sangat menggiurkan jelan lebaran. Pasar tradisional, mall, dan supermarket penuh sesak jelang lebaran. Apalagi zaman sekarang sudah menjamur online shop. Semua orang bisa dengan gampang belanja!

8. Penjual petasan dan kembang api

Meski sudah sering diperingatkan dan dilarang, profesi ini tampaknya masih saja tetap laris manis. Penjual petasan dan kembang api menjadi profesi dadakan yang bakal sering kita jumpai.

9. Jasa palang kayu motor untuk mudik

Bagi Anda yang pernah merantau di ibu kota, Anda pasti pernah menjumpai jasa pemasangan palang pada kendaraan bermotor. Terlebih bagi Anda yang mudik menggunakan sepeda motor. Agar punggu tidak pegal atau barang bawaan tidak berserakan, maka dibutuhkan sebuah palang. Nah, momen lebaran, menjadi peluang bagi penjaja palang motor. Cukup bermodalkan beberapa bilah kayu saja.

10. Penitipan hewan

Buat Anda yang hendak mudik ke kampung halaman, kini Anda tak perlu khawatir ninggalin hewan kesayangan. Sebab, saat ini sudah banyak jasa penitipan hewan peliharaan yang siap menjaga dan merawat hewan kesayangan sampai Anda balik ke rumah.

Nah, itulah 10 profesi dadak yang menjamur jelang Hari Raya Idul Fitri. Semoga lebaran Anda menyenangkan. (HS/Depit)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Mudik Bebas Macet, Agam Sediakan Dua Belas Jalan Alternatif

Demi Keamanan Pemudik, Polres Agam Lakukan Pemeriksaan Urine Puluhan Sopir AKDP