by

Popularitas Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan Menjadi Perbincangan di Media Sosial

HaloSumbar.com – Popularitas Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan di media sosial patut diperbincangkan. Tercatat, dia memiliki 12 ribu lebih pengikut di halaman Facebook bernama Sutan Riska.

Kegiatan Sutan Riska Tuanku Kerajaan sebagai kepala daerah selalu diunggah berupa video yang cendrung viral. Boleh dikata, dia Bupati termuda di Sumatera Barat, bahkan di Indonesia. Pada usia 26 tahun ia dilantik, dan mulai mendapat tempat di hati netizen.

Tuanku yang berpasangan dengan Amrizal Dt Rajo Medan, meraup 61.855 suara atau 63,59 persen dari total suara sah. Jika seluruh pengikut halaman resmi Facebooknya berasal dari daftar pemilih tetap, setidaknya dia sudah mengantongi basis seperlima pemilih.

Ditengah hiruk pikuk kondisi politik tanah air, baik pusat maupun daerah, ada sedikit oase sebagai pelepas dahaga akan hausnya masyarakat terhadap keterbukaan informasi bergizi yang alami dari kepala daerah tentang kemajuan daerah yang dipimpinnya.

Hal itu dialamatkan kepada Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Halaman Facebook-nya pun ditulis sesuai nama. Entah siapa administratornya, bukanlah suatu persoalan. Namun konten yang disuguhkan terkait aktivitas sang bupati yang dilantik sejak 17 Februari 2016 itu, telah menyuguhkan keterbukaan informasi publik melalui media sosial yang mampu menjangkau jutaan pengguna.

“Saya terkesan dengan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Halaman Facebook-nya selalu menyuguhkan informasi bermanfaat terkait aktivitasnya sebagai bupati. Termasuk konten positif yang ditampilkan, seperti ini,” ungkap Syafrizal Ambo, pewarta online sambil menunjuk film berdurasi pendek berjudul HOAX saat berdiskusi dengan HaloSumbar.com di Gubuk Kopi, Koto Nan Gadang, Payakumbuh, Minggu malam (20/8).

Sejak setahun terakhir, tepatnya sejak Sutan Riska Tuanku Kerajaan, jadi Bupati Dharmasraya, terpantau ia atau ‘tim content creator’ mengefektifkan kekuatan media sosial sebagai sarana komunikasi antara pemerintah daerah yang ia pimpin dengan masyarakat.

Seperti, saat meresmikan layanan kesehatan masyarakat, videonya diunggah dan diberi caption.

“Ini salah satu wujud komitmen kami dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Dharmasraya. Dana pembangunan ini berasal dari pusat atau dikenal Dana Alokasi Khusus (DAK),” tulisnya.

Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE

Video yang tayang juga terlihat profesional. Puluhan audio visual yang tampil terlihat unik dan menarik. Hebatnya, selalu mendapat banyak tanggapan, serta ‘share’ dari masyarakat, terutama warga Dharmasraya.

Hal itu jadi tanda tanya besar. “Siapa tim kreatif dibalik fanspage Sutan Riska Tuanku Kerajaan,” tanya Syafrizal Ambo meluapkan rasa penasarannya.

Sektor pariwisata dan pertanian Dharmasraya juga disebar luaskan dengan kreatif.

“Ini salah satu upaya kita meningkatkan hasil produksi pertanian, melengkapi teknologinya. Semoga bermanfaat dan Dharmasraya bisa terus swasembada pangan dan memasok untuk daerah yang membutuhkan,” tulisnya.

Interaksi dua arah berlangsung hangat. Masyarakat yang ia pimpin tampak senang. Terlihat dari komentar, mengucapkan terima kasih dan mendoakan bupati agar selalu sukses. Sangat jelas, aroma ‘bullying’ jauh dari halaman yang dikelola Raja Koto Besar yang merangkap bupati daerah transmigran nan mulai maju itu.

Terkait keluhan, juga tersigi bahwa masyarakat Dharmasraya cukup dewasa dalam menyampaikan pendapat. Mereka tidak segan menyampaikan keluhannya pada sang bupati. Komentar masyarakat pun tidak negatif, tapi memberitahukan keluhan sebagaimana mestinya.

Dari hasil diskusi, Syafrizal Ambo, berkesimpulan, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, sukses menginspirasi tentang cara membangun hubungan dengan masyarakat yang dipimpinnya.

“Sebagai kepala daerah ia mampu memberikan contoh keterbukaan informasi publik yang nyata di dunia maya, tanpa embel-embel,” paparnya. (HS/AWE)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed