Peristiwa

Polisi Amankan 15 Kubik Kayu Ilegal di Solok Selatan

HaloSumbar com – Aparat kepolisian lagi-lagi berhasil mengamankan sedikitnya 15 kubik kayu ilegal di Solok Selatan, Minggu (25/2). Hasil jarahan itu rencananya akan dibawa ke Dharmasraya untuk didistribusikan ke Pulau Jawa.

Tim gabungan Satreskrim Polres Solok Selatan menahan tiga pelaku dan satu unit truk di Jalan Raya Tahap III, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ), sekitar pukul 05.00 WIB.

Ketiga pelaku yakni, MW (44) warga Kayu Gadang, berprofesi sebagai sopir, BS (41) warga Tabing, Bandar Gadang, juga berprofesi sebagai sopir dan AP (43) warga Pasar Bidar Alam, yang berprofesi sebagai kenek truk. Ketiganya berasal dari Kecamatan Sangir Jujuan (SJJ).

Kasat Reskrim Polres Solsel, AKP Omri Yan Sahureka menyebut pihaknya yang sedang melakukan operasi rutin, menemukan mobil truk bermuatan kayu tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

“Personel langsung menggelandang mobil truk bermuatan kayu itu beserta pelaku,” katanya.

Saat ini, pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolres Solsel untuk proses lebih lanjut. Sedangkan, untuk pemilik kayu sendiri masih dalam penyelidikan.

“Sementara untuk menentukan jenis serta melakukan pengukuran pasti. Kami akan meminta tim ahli dari Dinas Kehutanan dalam waktu dua atau tiga hari ke depan,” jelasnya.

Kayu Ilegal

Foto: Truk bernomor polisi BA 9140 EA yang memuat 15 kubik kayu diamankan di Mapolres Solsel.

Omri mengkaui kendala utama petugas kepolisian untuk membongkar maraknya aktifitas ilegal logging ini lantaran medan yang sulit. Karena itu pihak kepolisian lebih sering menunggu di jalur-jalur yang bakal dilewati pelaku dalam mengeksekusi hasil jarahan kayu tersebut.

“Ada beberapa titik rawan di Solsel yang dijadikan tempat penjarahan. Titik-titik tersebut tersebar di beberapa Kecamatan seperti Sangir Batang Hari (SBH), Sangir Balai Janggo (SBJ), Sangir Jujuan (SJJ) dan Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD). Lokasi ini merupakan daerah yang masih terbilang sepi dan berbatasan langsung dengan Dharmasraya. Sehingga membawa kayu lewat jalur ini lebih mudah,” katanya. (HS/BI)

Baca juga :  Warga Lubukbasung Tewas Ditusuk Adik Mantan Istri

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top