Peristiwa

Peringatan Setahun Kasus Novel Baswedan, Aktivis Minta Penuntasan Kasus Korupsi di Sumbar

HaloSumbar.com – Puluhan mahasiswa dan aktivis penggiat anti korupsi Sumbar menggelar renungan satu tahun kasus Novel Baswedan dengan tema “Menuntut Keadilan yang Terbungkam” di Tugu Gempa, Kota Padang, Rabu malam (11/4).

Aksi ini digelar untuk mengecam sikap Presiden dan Polri yang terkesan abai terhadap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior lembaga anti rasuah KPK RI itu.

Puluhan aktivis ini berkumpul dengan mengenakan baju berwarna hitam plus menutupi mukanya dengan topeng berwajah Novel Baswedan. Dalam kegiatan itu, mereka secara bergantian berorasi. Tidak hanya itu aksi damai ini disertai pembacaan puisi dan menyanyikan sejumlah lagu kebangsaan.

Acara yang digelar dari pukul 19.00 WIB ini berlangsung hingga pukul 21.00 WIB. Acara ditutup dengan menyalakan lilin dan menyanyikan lagu berjudul sebelah mata yang dipopulerkan grup band Efek Rumah Kaca.

Salah seorang aktivis yang ikut bergabung dalam aksi itu, Resma Bintani Gustaliza mengatakan, kasus Novel menjadi perhatian publik terhadap penegakan hukum di Indonesia. Namun, setelah setahun lamanya, kasus Novel seperti diam dan mengendap tak diurus.

“Kasus yang dialami Novel Baswedan tidak menunjukkan perkembangan yang signifikan. Jika memang tim kepolisian tidak mampu, Presiden Jokowi harus turun tangan mengintruksikan pembentukan tim gabungan membongkar kasus Novel,” terang Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta (UBH) itu.

Resma juga meminta penegak hukum di Sumbar agar serius menangani kasus yang terkait dengan korupsi. Dia mencontohkan kasus SPJ Fiktif dan dugaan korupsi istri Walikota Padangpanjang. (HS/Depit)

Baca juga :  Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Seorang Pemuda Renggut Kegadisan Remaja

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top