Daerah

Pemkab Agam Anggarkan Dana 4,7 Miliar Untuk Pembangunan Dam Parit

HaloSumbar.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam, melalui Dinas Pertanian menganggarkan dana Rp 4,7 Miliar untuk pembangunan Dam Parit melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) regular tahun 2018. Dam parit bakal dibangun di 28 titik di Kabupaten Agam.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Prasarana Sarana Pertanian dan Penyuluhan Dinas Pertanian Agam, I Nyoman pada Rabu (15/5). Dari anggaran tersebut akan dibangun sebanyak 28 dam parit.

“Seperti di Kecamatan Ampek Angkek enam titik, Canduang tiga titik, Baso dua titik, IV Koto tiga titik, Palembayan lima titik, Malalak tiga titik, Tanjung Raya lima titik, dan Ampek Nagari satu titik,” sebutnya.

Sistem pengerjaannya, lanjut I Nyan, bakal diserahkan pada kelompok tani yang difasilitasi dengan bahan material di bawah pengawasan petugas dari Pemkab Agam.

“Pembangunan dam parit dilakukan tidak terlepas dalam upaya Pemkab Agam untuk mendukung peningkatan produksi padi, supaya kemandirian pangan khususnya di Agam, Sumatera Barat pada umumnya bisa tercapai,” ujarnya lagi.

Sesuai peraturan Menteri Pertanian berdasarkan Perpres nomor 54 tahun 2010, menerangkan bahwa pengadaan barang dan jasa pemerintah dilakukan secara Swakelola, seperti pembangunan dam parit yang bekerjasama dengan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

“Semoga kelompok tani dapat bekerjasama dalam mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi padi, karena dam parit salah satu faktor yang membuat produksi padi meningkat,” pungkasnya.(HS/Fadil)

Baca juga :  HUT Perak Perpindahan Ibukota, Ini 10 Keluhan dan Harapan Masyarakat Agam

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top