by

Sepi Pembeli, Pedagang Pasar Lereng Tunaikan Qurban Empat Ekor Sapi Gemuk

HaloSumbar.com – Merosotnya transaksi jual beli, tidak menyurutkan antusiasme pedagang menunaikan ibadah qurban. Sebanyak 28 pedagang yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Pasar Lereng (P3L) Bukittinggi, berqurban empat ekor sapi di Kompleks Los Lambuang, Jumat (24/8).

Empat ekor sapi yang disembelih pedagang Pasar Lereng, terbilang gemuk. Berat rata-rata tiap ekor sapi mencapai 150 kilogram. Rencananya, daging qurban itu akan dibagikan kepada 528 kaum fakir miskin beserta pedagang yang ada di sekitar Pasar Lereng.

“Semoga bertabur berkah, pedagang mendapat daging qurban, kaum dhuafa juga terbantu,” tutur Sekretaris P3L Bukittinggi, Engki Evon.

Dijelaskan Engki, ibadah qurban ini merupakan program rutin tahunan P3L yang sudah digelar sejak tahun 2000 silam.

“Awalnya dulu hanya dua ekor sapi, namun pernah meningkat menjadi sembilan ekor. Kali ini karena sulitnya ekonomi dan sepinya pembeli, jumlah hewan qurban baru dapat terkumpul empat ekor. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi,” ujar Engki.

Saat prosesi penyembelihan hewan qurban itu, umumnya para pedagang tidak membuka lapak dagangan.

Selain diramaikan oleh para keluarga pedagang, acara tersebut juga dihadiri oleh anggota DPRD Bukittinggi dan DPRD Sumbar. Turut menyaksikan, Kepala Polisi Pos Pasar Atas, Lurah Benteng Pasar Atas dan Bhabinkamtibmas.

“Kami juga dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi untuk kebersihan lokasi. Ini menjadi program yang dapat menguatkan kebersamaan antar pedagang pasar Lereng dan sekaligus bentuk kepeduliaan terhadap fakir miskin yang ada di lingkungan pasar,” tutup Engki. (HS/rel)

Leave your vote

14 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed