Utama

Pasar Ateh Bukittinggi, Terbakar Atau Dibakar?

HaloSumbar.Com- Pasar Ateh Bukittinggi dilanda kebakaran hebat, Senin pagi (30/10/2017). Berbagai pertanyaan  muncul, terkait kebakaran pasar untuk keempat kalinya sepanjang sejarah tersebut.

Pertanyaan paling utama: Pasar Ateh Bukittinggi terbakar atau dibakar?

Terkait hal ini, Polres Bukittinggi akan memeriksa petugas ronda di pasar yang dulu kala bernama Los Galuang dan Pasar Serikat tersebut.

Sedangkan Polda Sumbar juga sudah menurunkan tim Inafis ke pasar bertingkat yang dibangun pertama kali pada 1972 dan 1974 itu.

“Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran. Sembilan petugas ronda pasar yang dinas tadi malam, akan kami periksa,” kata  Wakapolres Bukittinggi Kompol Dasvery Abdi kepada sejumlah wartawan yang meliput kebakaran hebat tersebut.

Selain memeriksa 9 petugas ronda pasar dan 1 saksi lainnya, Polres Bukittinggi juga mendatangkan tim Inafis dari Polda Sumbar, untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

Terkait : Akibat Kebakaran Pasar Atas Bukittinggi, 6 Orang Luka Bakar, 2 Pemilik Ruko Pingsan

Tim Inafis yang melakukan Olah Tempat Kejadian Peristiwa (TKP) itu dipimpin Kompol Zulwafni.

Kepada wartawan yang mewawancarainya di sela-sela olah TKP, Kompol Zulwafni belum mau memastikan, apakah Pasar Ateh Bukittinggi terbakar atau dibakar? Sebab, tim Inafis Polda Sumbar masih bekerja.

“Kita mencari fakta 1-2 hari ini. Kita lihat sumber titik api melalui olah TKP, dasarnya sengaja atau tidak sengaja,” kata Kompol Zulwafni yang turun bersama 9 personel Inafis Polda Sumbar.

Dia memastikan, tidak ada kesulitan dalam melakukan olah TKP di Pasar Ateh Bukittinggi.

“Tidak ada kesulitan yang berarti. Sementara sumber titik api belum bisa dipastikan. Masih mengumpulkan fakta-fakta,” ujarnya.

Kompol Zulwafni menyebut, dengan adanya dokumentasi, tim Inafis yang berjumlah 10 orang, akan melihat panorama. Memandang dari jarak jauh, sekaligus mempelajari sikon (situasi dan kondisi pasar).

Baca juga :  456 Data Ganda Ditemukan, Ada Oknum TNI dan Polri Terdaftar Anggota Parpol di KPU Bukittinggi 

“Dengan adanya dokumentasi, kita melihat panorama, memandang foto dari jarak jauh, sikon sekitar. Close up kita mencari sumber titik api. Didukung fakta dan kesaksian, pembuktian dan lain-lain. Ini diproses dulu. Apakah adanya bentuk yang dibakar,” ulas Kompol Zulwafni. (HS-TIM)

Baca Juga : Sepuluh Fakta Pasar Ateh Bukittinggi yang Terbakar 

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top