Daerah

Pasar Atas Bukittinggi Segera Dibangun, PUPR Siapkan Konsep Bangunan Ramah Lingkungan

HaloSumbar.com — Pasar Atas Bukittinggi yang ludes terbakar 30 Oktober 2017 lalu segera dibangun kembali. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya akan mulai pembangunan Pasar Atas Bukittinggi pada pertengahan tahun ini. PUPR persiapkan konsep bangunan yang ramah lingkungan sehingga dapat menunjang pariwisata Kota Bukittinggi.

Pemerintahan kota Bukittinggi, telah memulai tahap awal pembangunan ulang Pasar Atas. Proses pembongkaran bangunan sisa kebakaran sudah dimulai sejak Senin (9/4). Pemkot Bukittinggi menargetkan pembongkaran rampung sebelum Juni 2018.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Sri Hartoyo mengatakan pembangunan Pasar Atas diperkirakan memakan biaya Rp 354 Miliar. Pembangunan diperkirakan memakan waktu 17 bulan dengan kontrak tahun jamak 2018-2019.

 

Berkenaan dengan desain gedung Pasar Atas, PUPR akan menerapkan prinsip bangunan gedung hijau yang hemat energi sehingga mengurangi emisi karbon. Selain itu desain pasar akan dibuat menarik sehingga menambah daya tarik wisata Bukittinggi karena lokasinya berada di pusat wisata Jam Gadang.

“Nantinya bangunan akan disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata yang tetap menjadi keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal mulai dari tahap perencanaan hingga pembangunan dengan melibatkan Pemerintah Daerah,” jelas Sri Hartoyo.

Luas lahan Pasar Atas, Lanjutnya lagi, akan dikembangkan dari 1 ha menjadi 1,4 ha. Selain itu akan dilakukan pergeseran tapak sejauh 10 meter ke belakang untuk lebih memperluas areal pedestrian Jam Gadang. Lantai yang semula dirancang sebagian untuk basemen dan sebagian untuk kios akan digunakan seluruhnya untuk area parkir.

Terkait pembangunan Pasar Atas, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengharapkan pembangunan dapat berlangsung sesuai jadwal karena menyangkut nasib pedagang yang terdampak bencana kebakaran.

Baca juga :  Diminta Untuk Tidak Memasang Rem Tangan Saat Parkir, Tujuh Mobil Saling Tubrukan

“Kami masih mengebut pembongkaran dan pembersihan lokasi,” kata Ramlan.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla telah meninjau kondisi pasar tersebut pasca kebakaran. Dalam peninjauan yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono itu, Jusuf Kalla mengatakan bahwa setelah selesai di bangun, pengelolaan Pasar Atas agar dikembalikan lagi kepada masyarakat.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan meskipun saat ini kewenangan berada pada Pemerintah Daerah, namun semua pihak harus turun tangan membantu, termasuk Kementerian PUPR. (HS/Oneal)

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top