Opini

#OneManOneTourist Untuk Kejayaan Pariwisata Kota Padang

HaloSumbar.com – BPS mengumumkan per September 2017, angka kunjungan wisatawan mancanegara mengalami penurunan sekitar 13%. Angka tersebut tentunya sangat signifikan dampaknya terhadap sektor pariwisata yang menjadi unggulan.

Saya hidup dari kecil di Kota Padang, Sumatera Barat. Pariwisata merupakan salah satu tulang panggung perekonomian masyarakat.

Kami tidak punya sumber daya alam yang melimpah semperti daerah lainnya. Tetapi, daerah Kami mampu memberikan semua yang orang-orang butuhkan untuk melepas lelah, mulai dari pemandangan alam, kesenian tradisional, hingga kuliner.

Memasuki 2017, kunjungan ke Sumatera Barat juga mengalami penurunan sebesar 23 persen.

Padahal, pesawat langsung Jakarta-Padang melebihi 20 penerbangan setiap harinya. Di luar Jawa, Kota Padang merupakan salah satu kota yang terbanyak penerbangannya.

#OnemanOnetourist adalah kerja bersama masyarakat untuk mengurangi beban pemerintah dalam mempromosikan pariwisata.

Anggaran promosi Kota Padang saat ini hanya sekitar 500 juta setiap tahun, jika itu digunakan untuk menyewa baliho di Malaysia, mungkin hanya 10 titik saja dalam sebulan bisa kita bayar.

Jika satu orang, bisa mendatangkan satu turis. Pastinya, kunjungan wisman akan semakin banyak. Banyak orang Padang yang pernah kuliah ke luar negeri, punya teman di luar negeri, atau paling tidak di luar Padang.

Status Facebook saja sudah sangat berarti untuk membantu meyakinkan orang datang ke Padang.

Dari 1.000.000 penduduk Kota Padang, ada 300.000 orang saja yang berhasil mendatangkan satu teman dari luar negeri setiap tahunnya, akan ada kunjungan sebesar 300. 000.

Jika satu wisman menghabiskan uang 1 juta, akan ada 300 milyar rupiah uang yang beredar di masyarakat.

Kedai-kedai makan akan laris manis, lapangan pekerjaan terserap, ekonomi masyarakat meningkat. Berbagai investasi juga akan berdatangan.

Baca juga :  ​Dipercaya Maju dalam Pilkada Padang, “Si Kecil” Faldo Maldini Menuai Pertanyaan?  

Membangun Kota Padang, tidak bisa hanya dengan menyalahkan pemerintah. Masyarakat harus ikut bergerak bersama, memberikan kontribusi sekecil apapun. Ditulis oleh : Faldo Maldini (Founder Pulangkampuang.com).

Baca Juga : Faldo Maldini Si ‘Kuda Hitam’

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top