by

Nikah Bawah Umur, Kemenag Agam : Boleh, Asal Memenuhi Syarat

HaloSumbar.com – Satu lagi pernikahan di bawah umur yang menggegerkan jagat maya. Terungkap jika pernikahan dini tersebut terjadi di Desa Tungkap, Jalan Saka Permai, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan pada Jumat (13/7) lalu.

Menanggapi kejadian tersebut Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Repulik Indonesia Kabupaten Agam, Pebri Doni angkat bicara. Dikatakannya, kalau dalam Islam poin pentingnya adalah sudah balig dan berakal.

“Kita bisa merujuk kepada UU RI No 1 Tahun 1974. Dalam pasal 6 disebutkan kalau perkawinan adalah sah menurut hukum ketika perempuan berumur 16 tahun dan laki-laki berumur 19 tahun,” katanya saat ditemui HaloSumbar.com, Senin (16/7).

Kendati begitu, Pebri tetap menekankan keselarasan antara aturan pernikahan yang diatur Islam dan sebagaimana diatur hukum positif Negara Indonesia. Dikatakannya kalaupun rukun nikah telah terpenuhi, namun syarat dari negara tidak terpenuhi, pernikahan itu menjadi tidak sah. Begitupun sebaliknya.

Pernikahan dalam Islam itu, lanjut Pebri, bukan hanya soal kebutuhan biologis. Lebih dari itu, seperti menciptakan rumah tangga yang sakinah mawadah wa rahmah.

“Artinya, untuk mencapai tujuan pernikahan yang ideal dalam Islam, ketentuan sebagaimana ajaran Islam dan peraturan negara wajib dipenuhi,” imbuhnya.

Terkait kasus di Tapin, ujarnya lagi, pernikahan tersebut bisa saja diperbolehkan, asalkan memenuhi syarat. Karena mereka di bawah umur, negara telah mengaturnya di undang-undang nikah agar mereka mengajukan dispensasi ke Pengadilan Agama.

“Dari segi usia sebagaimana ditentukan oleh negara, nah kesiapan psikologis, sosiologis, ekonomi, dan lain-lain itu harus dipertimbangkan secara objektif kondisi dua mempelai. Kalau syarat di atas tidak terpenuhi, kami tidak menganjurkan pernikahan di bawah usia,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk kasus yang serupa pihaknya mengklaim belum pernah terjadi di wilayah administratif Kabupaten Agam.(HS/Depit)

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed