Other

Muhadjir Effendy : SMK Aisyiyah Sumbar Menjadi Rujukan SMK Lainnya

HaloSumbar.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengunjungi SMK ‘Aisyiyah Pariwisata di Komplek ‘Aisyiyah Sumbar, Jumat, (6/7). Selain itu Mendikbud meninjau lahan 300m2 yang akan dibangun Hotel Edotel SMK Pariwisata ‘Aisyiyah Sumbar yang menjadi sarana belajar siswa di bidang perhotelan.

Kunjungan Mendikbud itu juga dihadiri Wagub Sumbar Nasrul Abit, Dirjen Pendidikan Menengah, Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dr. Shofwan Karim, Kadis Pendidikan Sumbar Burhasman, Ketua PW ‘Aisyiyah Sumbar Dra Hj Meiliarni Rusli dan jajarannya, Kepala Sekolah SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar Fauriza dan puluhan siswa SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar.

Mendikbud Muhadjir Effendi mengatakan “Bikin sekolah sekedarnya sudah nggak zamannya, bikin sekolah harus menjadi sekolah berkualitas, apa yang dilakukan Aisyiyah saat ini sudah sangat tepat,” tandasnya.

Mendikbud mengharapkan “SMK Aisyiyah yang dibangun ini hendaknya menjadi berkelas nasional jadi rujukan sekolah lainnya, tempatnya tidak harus mewah tetapi betul-betul mencerminkan lembaga pendidikan berkemajuan dan berprestasi, ini menjadi tanggung jawab Wagub Sumbar dan dinas Pendidikan,” pintanya

Lanjutnya, pasalnya banyak tokoh hebat lahir dari Sumbar, Muhammadiyah lahir di Yogyakarta dan dibesarkan orang Sumbar, “semangat kampuang paga kampuang”. Makanya pengembangan sekolah Muhammadiyah-Aisyiyah Sumbar yang berkualitas adalah sebuah keniscayaan.

Muhadjir juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Aisyiyah Sumbar yang terus gigih membangun sekolah dan terus konsen dalam program mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Peningkatan kualitas guru dan kualitas SMK menjadi skala prioritas. Ada 100 ribu guru yang dibutuhkan namun kita tidak punya kewenangan untuk itu,” tuturnya.

Sementara itu, Wagub Sumbar, Drs H. Nasrul Abit mengatakan, Pembinaan sekolah berkualitas baik SMA dan SMK hubungan baik yang terjalin erat antara Pemprov dengan Muhammadiyah tetap kita pertahankan baik dalam kedinasan maupun secara pribadi.

Baca juga :  Musypimwil Aisyiyah I, Perempuan Islam Berkemajuan Menjadi Keharusan

Ketua PW Aisyiyah Sumbar, Dra Hj. Meiliarni Rusli didampingi Sekretaris PWA Sumbar Desi Asmaret mengatakan Ini merupakan kedatangan kedua pak Muhadjir ke Aisyiyah, Aisyiyah sekarang konsen dalam penanggulangan TB dan Pengembangan SMK Aisyiyah dua jurusan hotel dan tata boga.

“Hotel Edotel SMK Aisyiyah ini jadi lahan praktek siswa jurusan perhotelan, hotel yang dibangun ini berstandar bintang 3 dengan 40 kamar dan akan selesai akhir tahun 2019. Mudah-mudahan siswa yang belajar terus bertambah,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar, Fauriza mengatakan saat ini siswa masih 50 orang dan satu ruang praktek hotel, insyaAllah akan ada penambahan dalam bulan ini. (HS/rel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top