Features

Miris, Indeks Kebahagian Jomblo di Sumbar Masih Digilas yang Menikah

HaloSumbar – Miris, Indeks Kebahagian penduduk jomblo di Sumbar masih di bawah Indeks Kebahagian penduduk yang menikah. Fakta tersebut dapat dilihat dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar per 15 Agustus 2017.

Indeks Kebahagian atau yang dikenal dengan istilah Index of Happiness merupakan indikator yang digunakan untuk mengukur kesejahteraan masyarakat berdasarkan tingkat kebahagiaan masyarakat.

Adapun metode pengukuran Indeks Kebahagiaan tahun 2017 mengalami perubahan dibandingkan survei di tahun 2014. Jika tahub 2014 Indeks Kebahagiaan hidup hanya diukur dengan menggunakan dimensi kepuasan hidup, maka pada 2017 ditambah dengan dimensi perasaan dan makna hidup.

Jika dibandingkan, Indeks Kebahagian penduduk Sumbar di tahun 2014 dengan menggunakan metode yang sama, maka Indeks Kebahagian tahun 2017 yang sebesar 70,42 mengalami peningkatan 3,63 poin dibandingkan indeks kebahagiaan 2014 sebesar 66,79.

Bila dilihat pada indikator Indeks Kebahagiaan, penduduk Sumbar paling tidak bahagia dengan tingkat pendidikan dan keterampilannya, dimana berada pada angka 60,53.

Sementara untuk indikator paling tinggi kebahagiannya ada pada keharmonisan keluarga dengan angka 80,28, diikuti dengan kebahagiaan atas kondisi keamanan sebesar 79,28.

BPS Sumbar juga merilis perbandingan Indeks Kebahagiaan penduduk yang didasarkan pada klasifikasi wilayah, jenis kelamin, status perkawinan serta kelompok umur.

Dari data tersebut terungkap fakta bahwa orang yang jomblo ternyata memiliki angka Indeks Kebahagiaan hidup sebesar 71,37 masih di bawah yang sudah menikah 73.08.

Berdasarkan kategori jenis kelamin, hasil survei memperlihatkan bahwa laki-laki lebih bahagia dengan indeks kebahagian hingga 72,92 dibandingkan perempuan dengan indeks 72,20.

Bila dilihat berdasarkan wilayah, masyarakat kota memiliki indeks kebahagiaan 74,55 atau lebih tinggi dari masyarakat desa dengan indeks kebahagiaan 70,70.

Secara nasional, jika dilihat dari sebaran menurut provinsi, penduduk Maluku Utara memiliki indeks kebahagiaan paling tinggi sebesar 75,68 atau lebih dari 5 poin dibandingkan rata-rata indeks kebahagiaan nasional.

Baca juga :  Sepak Terjang Irwan Prayitno di Media Sosial

Sementara provinsi dengan indeks kebahagiaan paling rendah adalah Papua (67,52), Sumatera Utara (68,41) dan Nusa Tenggara Timur (68,98).(HS/DPT)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top