by

Merah Putih Berkibar di Istano Basa Pagaruyuang, Cara BUMN Mengenang Sejarah

HaloSumbar.com – Sepanjang sejarah, baru kali ini, upacara HUT Kemerdekaan RI digelar di Istano Baso Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Merah putih dikibarkan disaksikan ratusan pelajar dan karyawan BUMN wilayah Sumbar.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah selaku pembina upacara mengatakan, rangkaian upacara ini adalah bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri. Untuk wilayah Sumbar, kegiatan ini dimotori PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) (BGR).

“Selain perwakilan karyawan, pengibaran sangsaka merah putih juga diikuti siswa program Siswa Mengenal Nusantara (MSN) dari Sulsel, serta ratusan pelajar SD, SMP dan SMA di Kabupaten Tanah Datar,” kata Edwin usai upacara bendera di Pagaruyuang, Jumat (17/8/2018).

Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, BUMN Hadir Untuk Negeri adalah kegiatan rutin dilakukan oleh BUMN sejak tahun 2015 lalu, khusus untuk memeriahkan HUT RI. “BUMN tidak hanya Perusahaan yang mengejar keuntungan. Tapi juga berperan menyejahterakan kehidupan sosial masyarakat,” katanya.

Dipilihnya Istano Basa bukan tanpa alasan. Menurut Dirut PTBA, Arviyan Arifin selaku penanggungjawab kegiatan, hal ini tidak lepas dari upaya Sumbar untuk mempromosikan objek wisata di kancah Nasional dan Dunia.

“Memilih Istana Baso sekaligus untuk mempromosikan Pagaruyuang sebagai ikon wisata Ranah Minang,” katanya.

Selain upacara, BUMN Hadir untuk Negeri juga menyerahkan bantuan beasiswa kepada puluhan siswa senilai Rp150 juta, bantuan bedah rumah senilai Rp500 juta. Lalu, bantuan pengairan irigasi sawah di Kecamatan Talawi senilai Rp1,2 miliar, bantuan elektrifikasi 50 rumah dan 50 MCK senilai Rp1 miliar dan bantuan untuk masyarakat lainnya. Paling tidak total bantuan yang dikucurkan BN di HUT RI ke 73 bagi warga Sumbar mencapai Rp4 miliar. (HS/IS)

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed