by

Empat Parpol Yang Mendaftar ke KPU Limapuluh Kota, Tiga Partai Berkasnya Dikembalikan

HaloSumbar.Com – Sejak KPU Limapuluh Kota membuka pendaftaran pada Selasa lalu (3/10/2017), baru empat partai politik (parpol) yang datang secara resmi menyerahkan berkas.

Dari empat parpol yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota itu, baru Perindo yang berkasnya dinyatakan lengkap. Sedangkan berkas PDIP, NAsDem, dan Partai Berkarya dikembalikan.

Hal tersebut dibenarkan Kordinator Divisi Sosialisasi dan Informasi KPU Limapuluh Kota, Ilham Yusardi ketika dihubungi wartawan, Sabtu malam (14/10/2017).

“Sudah empat parpol yang serahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP Elektronik kepada kami sebagai salah satu syarat menjadi peserta Pemilu 2019. Namun, baru satu parpol yang berkasnya lengkap. Yakni, Perindo. Sedangkan PDIP, NasDem dan Partai Berkarya, berkasnya dikembalikan karena belum lengkap,” kata Ilham Yusardi.

KPU Limapuluh Kota
Partai Perindo mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. (HaloSumbar.com/Anggun)

Dijelaskan Ilham, pengurus PDIP Limapuluh Kota pada Jumat lalu (13/10/2017), menyerahkan
daftar anggota partainya kepada KPU sebanyak 534 orang. Namun, KTA yang diserahkan baru 487 lembar. Sedangkan KTP elektronik baru 353 lembar.

Lantaran KTA dan KTP Elektronik yang diserahkan belum cocok dengan daftar anggota yang dilaporkan, berkas PDIP yang di Limapuluh Kota diketuai Bupati Irfendi Arbi, terpaksa dikembalikan KPU. “Kita kembalikan untuk diperbaiki. Masih ada waktu melakukan perbaikan sampai Senin besok (16/10/2017),” kata Ilham Yusardi.

Ini juga terjadi untuk Partai NasDem. Pengurus Partai NasDem Limapuluh Kota yang dipimpin langsung oleh ketuanya H Ilson Cong (mantan calon wakil bupati), menyerahkan daftar anggota kepada KPU sebanyak 407 orang pada Jumat lalu (13/10/2017). Namun, daftar anggota Partai NasDem yang dicantumkan ini, tidak sesuai  jumlah KTA dan KTP elektronik yang diserahkan kemarin siang.

“Daftar anggota NasDem tercantum 407 orang, sedangkan KTA dan KTP Elektronik yang diserahkan 395 lembar. Sehingga, berkas Partai NasDem juga kami kembalikan untuk diperbaiki. Hal yang sama, juga terjadi di Partai Berkarya. Pengurus Partai Berkarya, mengantar berkas hari ini. Karena belum lengkap, juga kami kembalikan,” kata Ilham Yusardi.

Sedangkan untuk berkas yang diserahkan pengurus Perindo Limapuluh Kota, dinyatakan lengkap oleh KPU. “Pengurus Perindo menyerahkan berkas pertama kali pada Senin lalu (10/10/2017). Saat itu, juga belum lengkap. Pada Selasa (11/10/2017), pengurus Perindo melengkapinya. Sehingga, sudah mendapatkan tanda terima berkas,” kata Ilham.

Sementara itu, partai-partai politik lainnya yang ada di KPU Limapuluh Kota, terutama partai yang saat ini sudah punya kursi di DPRD, seperti Partai Demokrat, Golkar, PPP, PKS, PKB, PAN, dan PBB, sama-sekali belum menyerahkan daftar anggota dan tanda bukti keanggotaan.

Namun, beberapa pengurusnya, sudah ada yang berkonsultasi ke KPU Limapuluh Kota.

“Beberapa partai yang sudah konsultasi, tampak ada yang sudah fix berkasnya. Tetapi belum resmi memasukkan berkas karena menunggu perintah dari pusat. Itu katanya. Kemungkinan besar, baru Minggu (15/10/2017) dan Senin besok (16/10/2017), pengurus partai-partai itu menyerahkan berkasnya,” demikian Ilham Yusardi. (HS/GUN)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed