Features

Kuda Bukittinggi Rajai Indonesia Derby 2017

HaloSumbar- Kuda Bukittinggi juara Indonesia Derby 2017. Kuda Bukittinggi yang juara itu bernama Kamang Chrome. Pemiliknya adalah dr delfi Datuk Mangkuto Basa dari Emerald Stable.

Kamang Chrome bukanlah kuda biasa. Terlahir dari peternakan kuda H Amril Djailani, bapaknya bernama Snap Happy. Sedangkan induknya Britania. Umurnya baru tiga tahun. Tapi prestasinya bukan main.

Dalam Seri I Kejuaran Nasional Pacuan Kuda yang digelar PP Pordasi di lapangan pacuan Tegal Waton, Salatiga, Jawa Tengah, Minggu lalu (30/7/2017), Kamang Chrome meleset bagaikan kilat. Menempuh jarak 2.000 meter, Kamang Chrome berada di garis terdepan pacuan derby.

Pacuan derby jelas bukan sembarang pacuan. “Pacu derby merupakan pacu pada umur 3 tahun menjelang 4 tahun. Seekor kuda hanya bisa mengikuti sekali seumur hidup mengikuti pacuan ini,” kata Azmi Syahbuddin, ketua Pordasi Sumbar.

Dan, Kamang Chrome yang dilatih Tuan Amir dengan joki Tripan Eri, mampu menjadi juara dalam pacuan paling bergengsi ini. Dengan catatan waktu, 2 menit 10 detik.

Lawan yang dikalahkan kuda Bukittinggi ini tak tanggung banyaknya. Ada 12 ekor. Termasuk, kuda Tamara Eclipse dari Jawa Tengah dan kuda Jayakarta dari DKI Jakarta.

Kuda Tamara Eclipse milik Eclipse Stabe akhirnya berada pada peringkat kedua. Sedangkan kuda Jakarta kepunyaan Alek Asmasoebrata harus puas bertengger di peringkat ketiga.

Ini tidak mengejutkan. Sebab, dalam babak penyisihan yang digelar 16 Juli 2017, kuda Jayakarta kalah cepat dari kuda
Buana Vista. Sayang, dalam pacuan 30 Juli 2017, kuda milik H. Aidil Azwar dari Nikita Stable Bukittinggi ini cedera.

Di kampung asalnya, Kamang Chrome, sekandang dengan Bukittinggi Bold. Kuda milik Wali Kota Ramlan Nurmatias ini juga ikut berpacu di Salatiga. Dalam pacuan itu, Bukittinggi Bold mencatatkan waktu 2 menit 14 detik. Kalah cepat dua detik dari Kamang Chrome.

Baca juga :  Nilmaizar Tinggalkan Semen Padang FC, Tiket Stadion Banting Harga

Sukses Kamang Chrome menjuarai Indonesia Derby, seakan membangkit batang terendam olahraga berkuda di Ranah Minang. Kuda yang namanya terinspirasi dari California Chrome: juara Dubai World Cup 2016 ini telah mengobati dahaga prestasi kuda pacuan Sumbar di pentas nasional.

“Sudah lama rasanya, kuda pacuan Sumbar tak juara dalam Indonesia Derby. Terakhir, kuda dari Sumbar menjuarai Indonesia Derby pada 2010. Waktu itu, gelar juara diperoleh kuda Cahaya Nagari milik Mario Saleh Bahar dari Bendang Stable,” kata Azmi Syahbuddin.

Sebelum 2010 itu, kuda Sumbar pernah dua kali juara Indonesia Derby. “Pada 2004, kuda pacuan Sumbar yang juara Indonesia Derby bernama Wali Nagari. Pemiliknya masih Mario Saleh Bahar dari Bendang Stable. Sedangkan 2005, kuda Sumbar yang juara Indonesia Derby adalah Pesona Karuna. Pemiliknyya H Aidil Azwar dari Nikita Stable Bukittinggi,” kata Azmi.

Bagi Azmi, prestasi Kamang Chrome adalah sebuah kebanggaan Pordasi Sumbar di tengah minimnya terhadap Pemprov dan KONI terhadap cabang olahraga ini. “Walau Pordasi tidak dapat anggaran ke Kejurnas, namun kuda-kuda pacuan kita, masih bisa berjaya. Ini mengharukan,” pungkas Azmi

Menariknya, meski juara Indonesia Deby 2017, namun Kamang Chrome bukan tak pernah kalah. Ketika digelar Sawahlunto Wisata Derby dengan jarak 1.500 meter pada minggu pertama Desember 2016, Kamang Chrome kalah atas Delima Queen, kuda dari Payakumbuh. Namun, saat digelar pacuan berjarak 1.600 meter di Bukittingi pada minggu terakhir 2016, giliran Kamang Chrome yang menaklukkan Delima Queen.

Pada Februari 2016, pengemar olahraga berkuda yang penasaran melihat kecepatan kedua kuda ini berbondong-bondong ke gelanggang pacuan Kubugadang, Payakumbuh. Tapi waktu itu, Kamang Chrome tengah istirahat dan tidak turun ke arena pacuan. Saat digelar pacuan berjarak 1.700 meter di Bukittinggi pada April 2017, giliran Delima Queen yang tak datang karena sedang sakit. Kamang Chrome pun urung berpacu.

Hallo Sumbar

Kuda Bukittinggi yang merajai Indonesia Derby 2017, Kamang Chrome, saat tiba di Salatiga, Jawa Tengah.

(HS-UP)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top