Utama

KPU Limapuluh Kota Kembalikan Berkas PSI dan PKB, Ini Alasannya

HaloSumbar.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Limapuluh Kota, mengembalikan berkas dua partai politik (Parpol) saat melakukan pendaftaran bakal calon anggota legislatif.

Kedua parpol yang berkasnya dikembalikan oleh KPU Limapuluh Kota, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Untungnya, pada saat-saat terakhir menjelang ditutupnya proses pendaftaran bacaleg, perwakilan PSI dan PKB sudah memperbaiki berkasnya di kantor KPU setempat.

“Ada berkas yang tidak lengkap makanya dikembalikan untuk segera diperbaiki. Salah satunya, ada parpol yang salah tanda tangan. Seharusnya berkas pengajuan calon ditandatangani oleh ketua dan sekretaris. Namun, mereka pakai tanda tangan pelaksana tugas atau Plt ketua dan Sekretaris,” ujar Komisioner KPU Limapuluh Kota, Amfreizer, Selasa malam (17/7).

Koordinator Divisi Teknis dan Hukum itu menyebut alasan lainnya pengembalian berkas itu, kedua parpol tersebut juga tidak memenuhi ketersedian foto tiap bacaleg.

“PKB juga sempat tidak menuliskan persentase keterwakilan perempuan. Kami masih menunggu proses perbaikan dari kedua parpol ini. Untungnya dapat diperbaiki dengan segera. Untuk PKB sudah kami diberikan tanda terima, sementara PSI saat ini masih dalam proses perbaikan,” pungkasnya.

Informasi yang diperoleh HaloSumbar.com, PKB pertama kali datang ke kantor KPU Limapuluh Kota, Senin (16/7) pada pukul 15.27 WIB. Sementara PSI datang pada Selasa (17/7) pukul 20.17 WIB.

Hingga pukul 23.00 WIB, total sudah 15 parpol yang mendaftarkan bacaleg ke KPU Limapuluh Kota. Dari 16 parpol peserta pemilu 2019, hanya PKPI yang belum hadir di KPU Luhak nan Bungsu ini. (HS/Fal)

Baca juga :  Kebakaran Hutan dan Lahan Kembali Terjadi di Limapuluh Kota, Api Membara di Tiga Titik
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top