by

Ada Bocah Main Api, Dua Kebakaran Beruntun Landa Lubukbasung dan Bawan

HaloSumbar – Kurang 1 x 24 jam, dua kebakaran beruntun melanda kawasan Lubukbasung dan Bawan. Delapan petak ruko semi permanen di Pasar Padangbaru, Kecamatan Lubukbasung ludes dilahap api, Jumat malam (30/6) sekitar pukul 22.00 WIB. Kejadian serupa kembali terjadi di Jorong Puduang, Nagari Bawan, Kecamatan Ampeknagari. Sebuah bengkel sepeda motor hangus dilahap si jago merah Sabtu siang (1/7) sekitar pukul 14.00 WIB.

Dua peristiwa terpisah tersebut cukup membuat gempar warga sekitar lokasi kejadian. Di Pasar Padangbaru, Lubukbasung, api menghanguskan delapan petak ruko semi permanen yang menjual aneka sayuran dan bumbu makanan.

Api diketahui pertama kali berasal dari salah satu ruko. Karena dinding ruko umumnya terbuat dari bahan kayu, dengan cepat api menjalar ke jajaran ruko di sebelahnya.

Warga Berdatangan ke Lokasi Kebakaran yang menghanguskan 8 petak kios di Pasar Padang Baru, Lubukbasung Jumat malam (30/6). HaloSumbar.com/Sutan Mantari

Masyarakat yang datang ke lokasi tidak dapat berbuat banyak lantaran tidak adanya sumber air yang memadai. Beruntung, empat unit mobil pemadam kebakaran milik Disatpol PP Damkar Agam yang bersiaga tidak jauh dari TKP cepat sampai ke lokasi.

Disusul bantuan dua unit mobil Damkar Pemkab Padangpariaman, satu unit mobil Damkar dari Pemko Pariaman ditambah satu unit dari Pemkab Pasaman Barat turut menjinakkan api.

“Api berhasil dipadamkan dalam kurun waktu sekitar dua jam. Alhamdulillah api tidak merambah ke pemukiman warga karena lokasi cukup padat perumahan,” terang Nasrianto, anggota regu Pol PP Damkar Agam yang bermukim tidak jauh dari tempat kejadian peristiwa (TKP).

Dihubungi melalui telepon selulernya, Kepala Dinas Satpol PP Damkar Agam, Dandi Pribadi menyebutkan, pihaknya belum dapat menyimpulkan penyebab pasti dari kebakaran tersebut.

“Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Namun estimasi total kerugian, diperkirakan mencapai Rp 350 juta,” katanya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Agam, Iptu Muhammad Reza menuturkan pihaknya bersama tim identifikasi sudah mengamanakan lokasi dengan memasang garis polisi. Jajaran kepolisian pagi kemarin juga sudah turun ke lapangan untuk melakukan olah TKP dan mengumpulkan barang bukti.

Menurutnya, salah seorang saksi mata menuturkan dirinya sedang berjalan di areal pasar tersebut dan melihat percikan api di salah satu toko. Merasa cemas, ia langsung memberitahukan kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitar komplek pasar.

“Masyarakat yang mendapatkan laporan tersebut langsung datang berbondong-bondong untuk memberikan pertolongan, namun melihat kondisi api yang terus membesar, masyarakat langsung melaporkan kepada pihak petugas. Semoga kasus ini dapat diselesaikan secepatnya,” jelas Reza.

Sementara itu, di Jorong Puduang, Nagari Bawan, Kecamatan Ampeknagari diduga akibat sejumlah anak-anak yang bermain api, peristiwa serupa menghanguskan sebuah bengkel sepeda motor.

Petugas pemadam kebakaran bersama warga membersihkan puing-puing bengkel sepeda motor yang hangus dilahap api di Jorong Puduang, Nagari Bawan, Kecamatan Ampeknagari, Sabtu siang (1/7). HaloSumbar.com/Sutan Mantari

“Informasinya kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Bengkel sepeda motor milik Basirin, 65, yang berukuran 3×5 meter ludes dilahap api. Kami menurunkan empat unit mobil pemadam, api dapat dijinakkan satu jam kemudian. Dalam bengkel itu juga ikut terbakar tiga unit sepeda motor, kerugian diprediksi 80 juta rupiah,” pungkas Dandi. (HS/STM).

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed