Kesehatan

Periksakan Bintik Kecil di Tubuh Anda Segera, Karena Berpotensi Menjadi Kanker Kulit

HaloSehat,– Kanker Kulit atau Karsinoma Skuamosa yang diderita Ny.X (69 tahun) di kulit siku kiri, mulanya kecil, namun terus mekar, terasa gatal, menyakitkan dan akhirnya berakhir di kamar operasi.

Ny.X mulanya tidak menyadari bahwa bintik kecil bersisik, berwarna merah kehitaman yang tumbuh di kulit siku tangan kiri akan menimbulkan penyakit kanker.

Padahal bintik kecil bersisik yang ada disikunya itu, merupakan sel skuamosa sebagai cikal-bakal akan terjadinya Karsinoma Sel Skuamosa (kanker kulit).

Ny.X dalam pengakuannya, “Ada bintik kecil di siku tangan kiri saya. Terasa gatal-gatal, lalu saya garuk, terkadang hingga mengeluarkan darah. Dan bengkak terus membesar sejak 4 tahun terakhir ini.”

“Benjolan tersebut terasa sangat menganggu pekerjaan saya sebagai petani. Termasuk saat mengenakan baju, sebab gesekan kain membuat perih,” ulasnya.

“Saya biarkan saja selama 4 tahun ini. Tidak saya periksakan. Namun, karena tidak lagi tahan sakit dan bengkak ini terus membesar dan tak kunjung sembuh. Akhirnya saya periksakan jua ke salah satu rumah sakit di Payakumbuh, dan dokter menganjurkan operasi hari ini (20/9),”jelasnya.

Saat dikonfirmasi oleh Halosumbar.com pada dr.Ridwan Muchtar,Sp.B selaku dokter ahli bedah yang menangani kasus tersebut membenarkan, bahwa Ny.X mengalami kanker kulit yang dikenal dengan Sel Skuamosa Karsinoma.

Kanker Kulit atau Karsinoma Skuamosa yang diderita Ny.X (69 tahun) di kulit siku kiri, mulanya kecil, namun terus mekar, terasa gatal, menyakitkan dan akhirnya berakhir di kamar operasi

“Kanker kulit di siku Ny.X dan selnya akan kita periksakan di Bukittinggi, apakah ganas, tentunya melalui pemeriksaan laboratorium Patologi Anatomi,” jelasnya.

Berdasarkan referensi yang dihimpun halosumbar.com bahwa Karsinoma Sel Skuamosa tidak terbilang ganas, diperkirakan hanya 1 persen mengancam nyawa atau selnya menyebar ke organ vital seperti jantung, dan paru-paru.

Kanker kulit memiliki tiga jenis, diantaranya: dikenal dengan Karsinoma Sel Basal, Karsinoma Sel Skuamosa dan Melanoma.

Baca juga :  BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Miliki 40 Pusat Layanan Kecelakaan Kerja

Yang paling berbahaya dan paling ganas dari ketiga jenis kanker kulit tersebut adalah Melanoma. Demikian informasi yang dapat dijelaskan dr.Ridwan Muchtar.

Sebagai pencetus terjadinya kanker kulit adalah seseorang yang selalu terpapar dengan cahaya matahari atau ultraviolet.

Dokter Ridwan berpesan, bagi pekerja yang selalu terpapar dengan cahaya sinar matahari langsung secara terbuka, sebaiknya gunakan pelindung, seperti topi dan pakaian yang bisa menutup seluruh tubuh.Demikian pesannya.(HS/Oneal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top