Daerah

Kampung Karni Ilyas Dilanda Air Bah, Satu Rumah Warga Rusak Parah

HaloSumbar.Com – Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, yang merupakan kampung kelahiran wartawan kawakan Karni Ilyas, dilanda air bah, Sabtu (19/5/2018). Satu rumah warga rusak parah. Bagaimana kejadiannya?

Menurut Ketua Komunitas Siaga Bencana (KSB) Balingka, Yurnaldi, air bah yang melanda Nagari Balingka, terjadi bersamaan dengan datangnya hujan deras.

“Hujan turun sejak sore sampai maghrib, membuat air meluap ke permukiman penduduk, ” katanya.

Dalam laporan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Yurnaldi menyebutkan, air bah yang melanda Nagari Balingka, paling parah dirasakan dampaknya di Jorong (Dusun) Koto Hilalang.

Di jorong ini, ada satu rumah yang rusak parah akibat dihantam air bah. Yakni, rumah yang dihuni montir bernama Firman,41, beserta istri dan dua anaknya yang masih sekolah.

Rumah berukuran 5 x 6 meter persegi kini tidak dapat ditempati. Mengingat hujan masih turun , korban dievakuasi ke rumah keluarganya yang ada dekat rumah yang roboh. Kerugian sementara tercatat sekitar Rp 50 juta.

Tim BPBD Agam dipimpin Kabid Kedaruratan dan Logistik Wahyu Bestari bersama  relawan PMI, anggota KSB Balingka, pihak kecamatan dan nagari, Polri dan TNI, serta masyatakat terus melakukan koordinasi dengan dinas Sosial untuk meringankan beban korban. Sementara dari PMI juga turut mencadangkan tenda keluarga bila diperlukan. (HS/Fanalton Ripuldet)

Baca juga :  Kepala Sekolah MTsN Berhentikan Siswi Dengan Surat Tulisan Tangan

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top