Daerah

Kampanye Tertib Berlalu Lintas, Polres Solok Selatan Bagi-Bagi 1000 Helm

HaloSumbar.com – Polres Solok Selatan bagikan 1.000 helm dalam upaya menuju tertib berlalu lintas di daerah tersebut, Senin (2/7) lalu. Selain dibagikan kepada masyarakat para pengguna jalan juga turut menyasar berbagai komunitas club kendaraan roda dua.

“Kegiatan ini merupakan bentuk ajakan dan imbauan moral kepada masyarakat untuk menertibkan diri sendiri, menuju tertib berlalu lintas di Solsel,” kata Kapolres, AKBP Imam Yulisdianto, usai memasangkan helm kepada salah seorang pengendara sepeda motor.

Selain bagi helm lanjut Kapolres, diringi juga dengan kampanye tertib berlalu lintas. Pembagian sendiri dipusatkan pada dua Kecamatan yakni, Sangir di depan Mapolsek Sangir dan di Sungaipagu di depan Mapolsek Sungaipagu.

“Pada dua titik pembagian ini, masing-masingnya dibagikan sebanyak 500 helm. Untuk di Sangir merangkap pengguna jalan di Sangir Jujuan, Sangir Batang Hari dan Sangir Balai Janggo. Sementara, di titik Sungaipagu juga diperuntukkan bagi pengendara di Pauhduo dan Koto Parik Gadang Diateh,” katanya.

Perhitungan pembagiannya diambil untuk penerima sebanyak 50 orang dari masing-masing wilayah hukum Kapolsek yang ada di Solsel. Sisanya jelas Imam, diberikan kepada pengendara umum yang melintas pada titik pembagian termasuk untuk sejumlah anggota club motor.

Pembagian 1000 helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) ini, dilakukan dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke 72 tahun 2018 oleh Polres Solsel. Dengan tema yang diusung “Semangat promoter Polri siap mengamankan agenda Kamtibmas” di seluruh penjuru negeri.

Ditambahkan Kasat Lantas Polres Solok Selatan, AKP Mazwanda, kegiatan itu sengaja melibatkan berbagai komunitas club kendaraan bermotor, agar ke depannya anak-anak club tersebut semakin lantang menyuarakan pentingnya berkendara memakai helm dan mematuhi peraturan lalu lintas lainnya.

Baca juga :  Berkas Perkara Pembunuhan Pedagang Kain di Solok Selatan Dinyatakan P21 

“Semua anak-anak club motor ini sengaja kita rangkul sebagai mitra untuk menyuarakan tertib berlalu lintas. Mereka yang biasa kongkow di jalanan akan lebih banyak bersua dengan pengendara dan tentunya akan lebih leluasa mengajak pengendara lain yang tidak tertib menjadi patuh dengan aturan lalu lintas,” ujarnya.

Adanya kegiatan itu sambung Kasat, diharapkan supaya masyarakat pengguna jalan memaknai hal itu secara mendalam untuk bersatu membangun suatu bentuk keselamatan. “Keselamatan menjadi suatu konsumsi kita. Manakala kita sudah selamat, pasti melakukan aktivitas akan selamat juga,” katanya.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria yang turut menghadiri kegiatan itu menyebutkan, tidak hanya pengendara yang wajib menggunakan helm namun juga berlaku bagi penumpang. Baik penumpangnya itu kata Bupati, anak-anak atau pun orang dewasa, baik tujuannya dekat maupun jauh.

“Terlebih penumpang itu adalah keluarga sendiri. Jangan hanya sekedar mengantar anak ke sekolah yang tujuannya dekat kemudian tak diberi helm, ini tidak dibenarkan,” katanya.

Ke depan lanjut Bupati, seiring dengan diperingatinya hari jadi Bhayangkara ke 72 itu, semoga Polri lebih jaya dan lebih optimal mengayomi masyarakat sebagaimana kepercayaan yang disematkan masyarakat kepada institusi kepolisian.

Pihaknya mengaku bakal senantiasa siap bergandengan dengan Polri untuk mewujudkan tugas-tugas luhurnya.

“Khusus untuk upaya menuju tertib berlalu lintas di daerah ini, ke depan bakal kita anggarkan pula dari APBD untuk helm ini. Agar masyarakat aman dan selamat dalam berkendara,” pungkasnya.

Kegiatan itu, juga dimeriahkan dengan pawai kampanye tertib berlalu lintas secara bersama oleh Kapolres beserta jajarannya. Diikuti oleh Bupati, Ketua DPRD Solok Selatan Syidik Ilyas, Pabung Kodim 0309 Solok, Mayor Inf. Nyoman Putra Yasa, Kasi Pidum Kajari Solok Selatan, Putra Masduri.(HS/BI)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top