Teknologi

Inmotion : Kursi Roda Canggih yang Mempermudah Kaum Difabel

HaloSumbar.com – Dua mahasiswa Teknik Elektro dan satu mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas menemukan inovasi yang mempermudah kaum difabel untuk bergerak. Kursi roda konvensional dimodifikasi dengan sistem antar muka sehingga dapat menjalankan suatu perintah secara otomatis.

Korsi roda canggih tersebut bertajuk Inmotion. Teknologi tersebut merupakan temuan Dicky Anugrah (Teknik Elektro) sebagai ketua, Amimul Ummah Baiqi (Teknik Elektro) dan Muhammad Ridho Bilhaq (Kedokteran) dari Universitas Andalas di bawah dosen pembimbing Dr. Eng Muhammad Ilhamdi Rusydi.

“Angka penyandang disabilitas di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, termasuk di provinsi Sumatera Barat. Salah satu jenis disabilitas yang diderita adalah tunadaksa dan tunawicara. Atas dasar itu kami membuat teknologi terkini untuk membantu tunadaksa biar leluasa bergerak,” ujar Dicky, Senin (16/7).

Saat ini, lanjut Dicky, kursi roda yang sering digunakan adalah kursi roda konvensional atau manual. Namun hal itu masih membuat pengguna ketergantungan terhadap orang lain.

Diterangkan Dicky Inmotion terbuat dari kursi roda konvensional yang telah dimodifikasi dan ditambah suatu sistem antarmuka agar dapat menjalankan suatu perintah secara otomatis. Berbeda dengan kursi roda listrik pada umumnya, kursi roda ini dapat diperintah hanya dengan menggerakkan pergelangan tangan pengguna.

“Kursi roda ini memadukan teknologi mobilisasi dengan komunikasi secara pintar (smart),” ujarnya lagi.

Pengguna diberikan fitur yang sangat mudah untuk digunakan. Sistem mobilisasi dapat melakukan 4 manuver yaitu maju, mundur, belok kiri, dan belok kanan. Setiap pergerakan dapat diatur dengan hanya menggerakkan pergelangan tangan sesuai dengan arah yang diinginkan.

“Seperti ke kiri untuk bermanuver belok kiri. Sedangkan untuk komunikasi dibantu dengan sebuah layar monitor yang terdapat didepan kursi roda,” terang Dicky.

Baca juga :  Art Cave, Pengering Kayu Manis Inovasi Mahasiswa Unand

Pada layar monitor menampilkan papan ketik untuk mengetik tulisan bagi pengguna. Hasil ketikan juga bisa lansung dikirim ke ponsel orang lain karena alat ini juga memiliki fitur kirim sms (GSM) ke telepon seluler lainnya ke seluruh operator komunikasi.

“Intinya Inmotion sangat memudahkan kaum difabel,” tutupnya. (HS/Depit)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top