in

Hari Harimau Sedunia, Menteri LHK Siti Nurbaya Resmikan Rumah Harimau Sumatera di Dharmasraya

HaloSumbar.com – Harimau Sumatera kini punya rumah di Dharmasraya. Tepat dihari Harimau Sedunia (29/7/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar meresmikan rumah yang dinamai dengan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR-HSD) itu. 

Peresmian PR-HSD oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar

Lembaga Konservasi Khusus itu dibangun oleh Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) sebagai pusat rehabilitasi Harimau Sumatera.

PR-HSD itu sendiri, diresmikan di Lapangan Kantor PT. Tidar Kerinci Agung (TKA) Talang, Talao Sungai Kunyit, Sangir Balai Janggo, Kab. Solok Selatan.

“Dihari Global Tiger Day ini, bersama kita lestarikan subspesies yang masih tersisa di Indonesia ini. Bersama kita selamatkan Harimau Sumatera ini dari ambang kepunahan,” kata Menteri LHK, Siti.

Saat ini menurut Siti upaya penyelamatan Harimau Sumatera sebagai satwa langka memang sangat mendesak.

Peresmian ditandai dengan pelepasan harimau Sumatera betina bernama Leony. Turut dihadiri Ketua Komisi IV DPR RI, Edi Prabowo, Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria, Bupati Dharmasraya Sutan Rizka Tuanku Kerajaan, Kapolres Solsel M. Nurdin, Jajaran Kementrian LHK.

Leony, Harimau Sumatera betina yang dilepaskan di pusat rehabilitasi Dharmasraya

“Keberadaan PR-HSD ini ke depan, kita minta sinergitas Ditjen terkait untuk pengembangannya,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno yang turut hadir, memberikan apresiasi atas upaya YAD membangun PR-HSD tersebut.

“Sumatera Barat siap untuk membuka suaka alam sebagai lanjutan konservasi ini,” katanya.

Sementara, Ketua YAD Hasyim Djojohadikusumo yang juga selaku Dirut PT. TKA mengaku lahirnya gerakan melalui PR-HSD dalam menjaga kelestarian Harimau Sumatera itu bermula semenjak tahun 2013 silam.

“Setelah melewati berbagai kendala, PR-HSD yabg seluas 2,5 hektare, berada di Jorong Mangun Jaya, Nagari Lubuk Besar, Kecamatan Asam Jujuhan, Kabupaten Dharmasraya ini, akhirnya bisa kita resmikan,” kata adik kandung dari Ketua Umum partai Gerindra Prabowo Subianto Djojohadikusumo tersebut.HS/BI)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Petisi Menolak Kehadiran Girlband Korea “SNSD” Diteken Lebih dari 10.000 Suporter

PBHI Sumbar Desak Kadis Perdagangan Kota Padang Minta Maaf kepada Pedagang