by

Harga Cabai Merah di Lubuk Basung Masih Pedas, Pasokan Stok Tak Menentu

HaloSumbar.com – Pada H-2 Lebaran, harga cabai merah keriting di sejumlah pasar tradisional di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat naik drastis dibandingkan hari sebelumnya.

“Iya benar, harga cabai masih mahal. Untuk cabai merah mengalami kenaikan dari biasanya Rp20.000 menjadi Rp28.000 bahkan sampai Rp34.000 perkilogramnya,” kata salah seorang pedagang, Umi (56) di Pasar Lubuk Basung, Rabu (13/6).

Sedangkan untuk harga kebutuhan pokok lainnya masih stabil dan belum mengalami kenaikan yang signifikan. Berbeda dengan cabai merah.

“Harga cabai merah malah naik sekitar Rp8.000 sampai Rp15.000 perkilogramnya,” sebutnya.

Mariana (43) pedagang cabai lainnya menduga naiknya harga cabai merah diakibatan meningkatnya permintaan masyarakat di pasaran sementara stok yang tersedia terbatas.

Di sisi lain tingginya permintaan tersebut tidak seiring dengan jumlah pasokan yang datang ke pasar.

Salah seorang pedagang di Balai Salasa, Buyuang (36) mengatakan saat ini pasokan cabai merah datang secara tidak menentu, sehingga membuat harga menjadi tidak stabil. Lebih-lebih pasokan itu hanya berasal dari beberapa agen saja.

Buyuang memprediksi harga cabai merah akan terus naik hingga akhir lebaran mendatang. Pasalnya saat lebaran permintaan cabai akan meningkat, sementara sebagian besar petani masih merayakan hari lebaran.

Dia berharap ke depannya pemerintah bisa mengendalikan harga dan stabilitas stok kebutuhan pokok di pasaran. Sehingga tidak terjadi kenaikan lonjakan harga secara mendadak.

Dia mengaku stok cabai merah saat ini tidak banyak dan hanya habis untuk satu hari saja. Mereka khawatir jika baru datang harga cabai akan terus naik dan membuat masyarakat mengeluh. (HS/Depit)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed