Peristiwa

Gedung Peninggalan China di SMAN 1 Lubuk Basung Ludes Terbakar

HaloSumbar.com – Gedung tua dalam kompleks SMAN 1 Lubuk Basung ludes terbakar, Minggu (17/6) sekira pukul 19.20 WIB. Gedung yang berdiri sejak tahun 1700 tersebut konon diketahui peninggalan warga China di Lubuk Basung.

Gedung yang kini menjadi bagian dari SMAN 1 Lubuk Basung tersebut diduga terbakar akibat arus pendek. Api dengan cepat melahap habis sepuluh ruangan penting sekolah menengah atas favorit tersebut.

Ada pun ruangan yang terbakar yaitu Ruang BK, Ruang Komite, Ruang penyimpanan alat korsik, Ruang PMR, Gudang TK, Koperasi KPN dan Koperasi Konsumsi, Ruangan BOS, Ruangan Olahraga, Ruangan UKS, Ruangan Pramuka.

“Saya tahu ketika api sudah membesar. Api tampak berasal dari tengah gedung. Kalau tidak salah itu Ruang BK,” ujar Andika Putra Pratama (20).

Del Asman, Wakil Kepala Sekolah bagian Kesiswaan, mengatakan kabakaran mulai terjadi sekira Pukul 19.20 WIB. Dikatakannya, api cepat membesar dikarenakan sebagian kayu bangunan sudah berusia tua.

“Ini kan gedung tua dulunya. Kayu-kayunya pun sudah banyak yang lapuk,” ujarnya di tempat kebakaran.

Gedung ini bersejarah, lanjutnya lagi, sebab ini gedung tua peninggalan China. Pihak sekolah tetap menjaga bentuk asli bangunan.

Tokoh Masyarakat Lubuk Basung, Faisal, mengatakan dulunya kompleks SMAN 1 Lubuk Basung adalah kediaman warga China. Bahkan, tempat tersebut dijuluki Kampung China.

“Konon, jika ada pembangunan atas gedung ini, warga China turut membatu,” ujarnya.

Senada denga Faisal, Sarbaini (64) warga setempat mengatakan, pada masa PKI warga China pergi meninggalkan tempat tersebut. Dikatakannya, ada yang lari ke Bukittinggi hingga ke Padang.

Kebakaran yang menghanguskan salah satu bangunan tertua di Lubuk Basung tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Kerugian materil ditaksir mencapai Rp. 700 juta. (HS/Depit)

Baca juga :  Adegan Profesional, Ubun-Ubun Ketua Pemuda Pancasila Dirobek Samurai
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top