by

Galian C Ilegal Bebas Bergerak, DPRD Minta Pemkab Bertindak

HaloSumbar.com  Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan, Armen Syahjohan meminta Pemerintah Kabupaten setempat untuk melakukan penertiban terhadap perusahaan tambang galian c yang diduga tidak mengantongi izin resmi.

Dewan menilai, dari aktifitas telah berdampak terhadap kerugian daerah sejauh ini, terutama dalam penerimaan pajak daerah.

“Kita meminta Pemkab Solok Selatan bertindak tegas terhadap perusahaan tambang galian c yang tidak memiliki izin. Jika dibiarkan seperti ini, maka setiap harinya daerah mengalami kerugian,” katanya.

Menurutnya, aktifitas berlangsung setiap hari. Sementara, tidak adanya pemasukan pajak untuk daerah. Dan ini tidak bisa dibiarkan secara terus menerus dan perlu ini ditertibkan.

Ia menjelaskan, sesuai hasil monitoring di lapangan, masih dijumpai di beberapa lokasi, perusahaan tambang galian c masih bebas beraktifitas dan tidak memiliki izin . Kendatipun, memiliki izin belum ada yang komplit sesuai aturan yang berlaku.

“Yang paling fatal sekali, pengerjaan proyek pemerintah diduga juga menggunakan bahan galian c illegal. Sementara, dana pembangunan yang dikucurkan pemerintah berasal dari pajak,” katanya.

Ironi sekali jelas Armen, pengerjaan proyek pembangunan berasal dari pemerintah dan merugikan daerah. Bahkan, proyek berskala nasional pun di Solok Selatan ikut merugikan daerah.

“Ini perlu dicermati bersama. Pemkab Solok Selatan kembali lakukan pendataan serta penertiban dalam waktu dekat ini. Agar capaian target PAD yang bersumber dari pajak bisa meningkat,” tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria instruksikan instansi terkait untuk melakukan penertiban tambang galian c yang ada di Solok Selatan. Namun, hingga saat ini belum ada tindakan yang dilakukan.(HS/BI)

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed