by

Pengembangan Wisata Bukit Bontak, Kurang Diperhatikan, Ini Kata Disparbud Solsel..

HaloSumbar.com – Pengembangan wisata Bukit Bontak yang berada di Bangun Rejo, Nagari Lubuk Gadang Selatan dinilai kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan khususnya oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solsel.

 

Sejauh ini, justru Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang banyak aktif membantu kelompok masyarakat dalam mengelola wisata tersebut.

Setidaknya sebagai dukungan terhadap pengembangan objek wisata itu, TNKS berencana akan segera membangun sarana dan prasarana pendukung di kawasan wisata Bukit Bontak itu pada bulan Agustus 2017 ini.

“Wisata ini berada di perbatasan hutan TNKS. Bulan ini, bersama masyarakat pengelola yaitu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alur Rhizantes dan kita akan bersinergi untuk mengembangkannya,” kata Polhut pelaksana lanjutan TNKS, Rika Putra.

Sarana dan prasarana pendukung yang akan dibangun itu yakni visitor centre, toilet dan instalasi air.

Sementara, untuk pembangunan akses jalan pendukung ke lokasi pihak TNKS tidak bisa menganggarkannya, karena merupakan kewenangan Pemda setempat.

“Sesuai MoU antara TNKS dan Pemkab melalui Disparbud Solsel, jalan ke lokasi Bukit Bontak merupakan kewenangannya untuk peningkatannya. Termasuk, untuk pemasangan papan informasi dan petunjuk,” sebutnya.

Di Bukit Bontak sendiri terdapat, objek wisata Danau Bontak, Camping Ground, wisata hutan pengembangan dan peningkatan komoditi lokal, penelitian tanaman yang berbasis Agro Forest Trees.

Selain itu, lokasi Bukit Bontak juga menjadi lokasi penelitian tanaman yang berskala internasional.

“Namun, untuk saat ini ke lokasi objek wisata masih terkendala akses jalan sepanjang 2,5 kilometer yang belum memadai,” jelasnya.

Senada, Ketua Pokdarwis Alur Rhizantes, Sunardi mengatakan, saat ini untuk pengelolaan destinasi wisata Bukit Bontak, hanya berbentuk swadaya dari Pokdarwis dan masyarakat.

“Sejauh ini, kita banyak dibantu pihak TNKS, termasuk dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota Pokdarwis Alur Rhizantes. Kita berharap Dinas terkait juga turut memberikan perhatiannya,” katanya.

Terpisah, Kepala Seksi Pengelolaan Kawasan Strategis dan Destinasi Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Aig Wadenko mengaku terkait adanya opini minimnya perhatian Disparbud Solsel terhadap perkembangan destinasi wisata Bukit Bontak, maka itu perlu diperjelas lagi karna objek tersebut termasuk dalam zona pemanfaatan TNKS.

Jadi katanya, pembenahan kawasan yang berada dalam zona pemanfaatan TNKS itu, memang kewenangan dari TNKS bukan Pemda.Wisata Bukit Bontak

“Pemda baru bisa membangun sarana dan prasarana di obyek wisata yang berada di luar TNKS. Sebab ini berkaitan dengan perhitungan aset. Bila pembangunan infrastruktur berada dalam kawasan TNKS maka itu nantinya akan menjadi aset TNKS,” akunya.

Selain itu jelasnya, intervensi kegiatan pembangunan suatu objek tidak bisa serta merta dilakukan begitu saja.

Pihaknya juga perlu mempertimbangankan angka kunjungan ke objek wisatanya sendiri, untuk dijadikan titik prioritas pembangunan.

Sejauh ini Bukit Bontak dinilai masih kalah populer dibanding wisata lain seperti goa batu kapal dan hot water boom dari segi angka kunjungan wisatawan.

Sedangkan untuk peningkatan akses jalan sepanjang 2,5 km menuju Bukit Bontak itu, lanjut Aig, pihaknya dalam proses pengusulan melalui OPD Pekerjaan Umum (PU) Solsel.

Termasuk sebutnya lanjutan pembukaan jalan baru sekitar 500 M, menuju camping ground sebagaimana yang tertuang dalam rencana kerja mou Pemda Solsel dan TNKS.

“Tahun ini kita juga akan bangun gerbang dan pos terpadu kawasan camping ground tersebut. Rencana kerja kita buat kawasan Bukit Bontak itu bertahap. Sesuai kesepakatan dengan Balai Besar TNKS realisasi kegiatan kita di sana selama 5 tahun, sekarang baru jalan 2 tahun. Kita berharap Pokdarwis terkait harus memperlihatkan eksistensiannya bila ingin dimasukkan dalam skala prioritas pembangunan ke depan,” tutupnya.(HS/BI)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed