Daerah

Dinkes Agam Targetkan 95 Persen Anak Dapat Vaksin Rubella

HaloSumbar.com – Agustus dan September mendatang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Agam bakal melaksanakan Imunisasi Campak dan Rubella. Vaksin Measles Rubella (MR) menyasar 135.975 orang anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Dinkes Agam menargetkan 95 persen mendapatkan vaksin MR.

Campak dan Rubella merupakan infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil di awal kehamilan bakal menimbulkan sebab yang fatal.

“Jika virus ini menjangkiti ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan,” ujar Hary Hardian Putra, Wakil Supervisor (Wasor) Program Imunisasi Dinas Kesehatan Agam, Kamis (12/7).

Untuk itu, lanjut Hary, perlu kiranya pelaksanaan imunisasi MR ini dilakukan. Meski imunisasi yang bakal dilaksanakan Agustus dan September mendatang tidak menyasar ibu hamil secara langsung.

“Sebab sampai saat ini vaksin ini belum bisa diberikan secara langsung kepada ibu hamil,” tambahnya.

Imunisasi vaksin MR bakal dilaksanakan secara serentak pada Agustus dan September 2018 di seluruh Indonesia di luar Pulau Jawa. Pemberian vaksin MR diberikan secara bertahap di institusi sekolah dan fasilitas kesehatan (faskes) lainnya.

“Untuk Agustus imunisasi akan diberikan kepada anak usia sekolah di sekolah masing-masing, puskesmas, posyandu, dan faskes lainnya. Pada September akan dilaksanakan bagi anak usia 9 bulan dan atau anak yang belum sekolah dan putus sekolah,” terang Hary.

Kampanye dan sosialisasi awal mengenai imunisasi MR telah dilaksanakan oleh Dinkes Agam. Sosialisasi berupa pemberian pengetahuan mengenai virus dan penyakit Rubella.

“Dalam sosialisasinya kami melibatkan stakeholder terkait seperti puskesmas, posyandu, dan faskes lainnya,”  ujarnya.

Baca juga :  UGM Umumkan Indeks Transparansi Keuangan Daerah, Limapuluh Kota Nomor 2 di Sumatera

Dia menambahkan vaksin MR akan diberikan kepada 135.975 orang anak. Dinkes Agam menargetkan 95 persen dari jumlah tersebut mendapatkan imunisasi vaksin MR. (HS/Depit)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top