Kesehatan

Dicurigai Difteri, Balita Asal Payakumbuh Dirujuk ke RSUP M Djamil Padang

HaloSumbar.com – Saat pemeriksaan oleh dokter spesialis anak di RSUD dr Adnaan WD,  balita asal Payakumbuh berinisial AH yang baru menapaki usia 4 tahun 6 bulan, dicurigai (suspect) difteri, lalu dirujuk ke RSUP M Djamil, Padang.

Jelang masuk RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh, NA nenek dari balita AH menceritakan pada halosumbar.com bahwa cucunya mengalami demam, rewel dan nafsu makan menurun sejak Kamis lalu, (21/12).

Lalu, pada Sabtu pagi, (23/12) suara cucunya terdengar parau dan ada bercak putih di tenggorokan serta tampak pembengkakan di leher.

Melihat tanda dan gejala demikian, NA mulai curiga akan kondisi cucunya mengalami penyakit yang saat ini sedang KLB (Kejadian Luar Biasa) di beberapa provinsi di Indonesia.

NA langsung membawa ke klinik terdekat, dan dari klinik dirujuk ke RSUD dr Adnaan WD Payakumbuh, kemudian dirujuk lagi ke RSUP M Djamil Padang untuk penanganan lebih lanjut.

Saat ditanyakan terkait kelengkapan pemberian imunisasi DPT (Difteri, Pertusis, dan Tetanus) pada balita AH. Neneknya mengaku tidak lengkap, hanya diberikan imunisasi DPT 1, 2 dan 3. Sedangkan pemberian imunisasi DPT yang ke 4, usia 18-24 bulan terabaikan.

Saat dikonfirmasi media ini pada Kepala Ruangan Instalasi Gawat Darurat (Karu IGD) RSUD dr Adnaan WD, Ns. Silvia Susmita, S.Kep membenarkan telah menerima pasien balita AH dan telah dirujuk ke RSUP M Djamil pada hari Sabtu, (23/12) siang sekira pukul 14.00 WIB.

“Di RSUP M Djamil Padang, cucu saya mendapatkan perawatan khusus di ruangan Isolasi Bangsal Anak, dan menunggu hasil pemeriksaan kultur dari laboratorium yang terletak di Gunungpangilun, Padang,” kata NA.

Dicurigai Difteri

Balita Asal Payakumbuh Suspect Difteri (ilustrasi)

“Mudah-mudahan cucu saya tidak mengalami penyakit berbahaya itu, (difteri, red), kepastian diagnosanya menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dulu,” harapnya.(HS/Oneal)

Baca juga :  Demi Ketersediaan Air Bersih, Berak Sembarangan di Padangpariaman Bakal Disikat

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top