HaloVideo

Video : Danau Tarusan Kamang Sumbar

Keindahan danau yang terletak di Jorong Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau terbilang unik in karena hanya berisi air pada musim-musim tertentu. Suatu waktu terlihat begitu luas, namun dalam waktu yang tidak bisa diprediksi, danau ini bisa berubah menjadi hamparan padang rumput hijau nan indah. Saat menjadi danau, di bagian tengahnya ada semacam tumpukan tanah yang tidak dibenami air, yang oleh masyarakat setempat disebut Padang Doto.

Menurut para pakar, Danau ini berada di kaki Bukit Barisan, sekitar 14 kilometer dari Bukittinggi. Batu kapur yang ada di Danau Tarusan Kamang diprediksi berusia sekitar ratusan abad, dan memiliki kandungan mineral COCA 2. Danau ini diperkirakan sudah ada sejak 70 ribu tahun lalu sehingga tak ada satu pun warga yang membangun rumah di batas air yang akan berubah menjadi danau. Pebukitan karst di Danau Tarusan Kamang usianya jauh lebih tua daripada karst di Jawa. Karst di Kamang diperkirakan sudah berusia 400–300 juta tahun lalu karenanya pepohonan di atasnya tumbuh subur. Ini merupakan salah satu fenomena ala yang unik yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Barat. menurut warga, danau ini memiliki sejumlah misteri, adanya unsur unsur mitos, membuat danau sejuta pesona ini, mejadi daya tarik tersendiri. Selain dimanfaatkan sebagai salah satu sumber mata pencaharian ekonomi dengan menjaring ikan, disini juga dijadikan sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi jika sedang berada di Sumatera Barat. Suasana dan udara yang sangat sejuk, akan membuat anda betah berlama lama menikmati keindahan alam Minang Kabau yang terkenal eksotis.

Rosa, salah satu pengunjung asal kota Padang mengaku tempat ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensi bagi penikmat wisata alam. Disini bisa menyewa rakit yang terbuat dari bambu dengan tarif dua puluh ribu rupiah, bisa berkeliling danau ini. “saya disini berwisata sembari mencari inspirasi untuk tulisan saya”, ujar Rosa yang sehari hari bertugas di salah satu media terbitan Jakarta.

Baca juga :  Gawat, Standar Gaji PNS di Sumbar Berujung Minta Cerai

Untuk masuk ke kawasan ini, akan di pungut karcis masuk oleh warga setempat sebesar sepuluh ribu rupiah setiap kendaraan. Jika beruntung, kita bisa juga menikmati matahari terbenam di kawasan ini dengan sangat indah, saat cuaca sedang baik. (Oneal)

Terkait : Pacu Tangkap Ikan saat Danau Tarusan Kamang Mengering, Tahun Ini Memasuki Hari Keempat

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top