in

Ciri-ciri Lowongan Kerja Tidak Aman yang Wajib Diketahui

HaloSumbar.com – Sulitnya mendapatkan pekerjaan jangan sampai membuat anda menyerah. Usaha yang terus diiringi dengan doa, akan mengantarkan diri meraih setiap impian.

Belakangan ini, banyak pihak yang memanfaatkan kelangkaan lowongan pekerjaan. Makanya, perhatikan tips mengidentifikasi lowongan kerja yang tidak aman ala Jobstreet ini.

Jobstreet sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemberi informasi lowongan pekerjaan membeberkan ciri ciri mengenai lowongan yang tidak aman berikut ini:

  • Perekrutan Berbayar

Perusahaan yang patut diwaspadai pertama kali adalah perusahaan yang mengharuskan anda untuk membayar biaya dengan alasan apapun selama proses rekrutmen.

  • Meminta Data Pribadi tanpa Undangan Wawancara

Jika ada pihak yang tidak anda kenal meminta detil pribadi anda seperti akun bank, nomor KTP dan alamat rumah tanpa adanya undangan wawancara, maka mulailah waspada.

  • Diterima Tanpa Proses Wawancara

Waspadalah. Anda harus berpikir seribu kali jika ada penawaran kerja tanpa adanya lamaran dari anda dan tanpa proses wawancara.

  • Deskripsi Pekerjaan yang Tidak Jelas

Undangan wawancara yang tidak memberikan penjelasan mengenai posisi yang ditawarkan atau tawaran pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan selama proses rekrutmen.

Selain itu, penawaran kerja tidak berhubungan dengan keahlian Anda, bisa menjadi hal yang patut dicurigakan

  • Gaji yang Terlalu Tinggi dan Tidak Wajar

Jangan cepat tergiur. Penawaran kerja yang terlalu baik dan menawarkan gaji tinggi yang tidak wajar umumnya adalah penipuan.

  • Alamat Email dan Website Mencurigakan

Carilah informasi lengkap. Jangan tertipu oleh tidak adanya situs resmi atau media sosial perusahaan yang menjelaskan profil dan kegiatan perusahaan tersebut.

Selidiki juga alamat email perusahaan yang gratis dan tidak sesuai dengan alamat email yang ada di situs resmi perusahaan tersebut.

Terakhir, perhatikan korespondensi email yang tidak profesional dan tidak mencantumkan detil kontak perusahaan seperti nomor telepon dan alamat kantor.

Demikian kilas informasi dari kami, semoga anda tetap waspasa dan tidak patah semangat berburu pekerjaan impian. Salam hangat www.halosumbar.com. (tim)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Hidayatul Taufid Gantikan Harmezi sebagai Camat Malalak

Waktu