Advertorial

BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Serahkan Santunan Rp 498 Juta

HaloSumbar.com – Pegawai Bank BNI Payakumbuh, Alfian Tenar Putra yang meninggal dunia secara mendadak akibat serangan jantung, Jumat (9/2) akhirnya mendapatkan santunan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi.

Santunan yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi kepada ahli waris berupa jaminan kecelakaan kerja (JKK) sebanyak 48 kali gaji. Ditambah santunan berkala, biaya pemakaman, dan beasiswa pendidikan untuk satu orang anak. Totalnya mencapai Rp 498.842.307. Selain itu juga diberikan jaminan hari tua (JHT) sebesar Rp 85.529.530.

Penyerahan santunan kepada istri almarhum, Nelly Vindawati itu dilaksanakan di Kantor BNI Payakumbuh, Jumat (11/5). Disaksikan oleh Kepala BNI Payakumbuh, Muhammad Yusrin, santunan diserahkan secara simbolis oleh Pejabat Pengganti Sementara (PPs) Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi, Alwani Fitra Jaya.

Kepala Bidang Pelayanan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi, Lisa Anamerta yang juga hadir dalam kesempatan itu berharap, keluarga yang ditinggalkan dapat membuka lembaran kehidupan yang baru. Kehilangan kepala keluarga diharapkan tidak membuat ahli waris berputus asa dan menjadi keluarga yang tidak mampu.

“Semoga dapat dimanfaatkan untuk modal usaha,” tuturnya.

Dia menjelaskan, JKK adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi segenap pekerja di seluruh pelosok Indonesia.

“Jika seorang pekerja mengalami kecelakaan kerja dan berakibat meninggal dunia, maka ahli waris berhak mendapat santunan sebesar 48 kali dari gaji yang dilaporkan perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan,” katanya pula.

Lisa Anamerta menambahkan, program JKK meninggal mendadak, merupakan perluasan dari perlindungan JKK.

“Meninggal medadak dapat dikategorikan JKK apabila terjadi serangan penyakit di tempat kerja, sedang bekerja, langsung dibawa ke rumah sakit atau pusat layanan kesehatan terdekat dan dalam 24 jam meninggal dunia,” jelasnya.

Baca juga :  BPJS-Ketenagakerjaan Solok Gelar Donor Darah Peringati Hari Buruh

Lisa mengatakan, uang yang diserahkan kepada keluarga korban bukan untuk mengganti nyawa almarhum telah meninggal. Namun, setidaknya dapat dimanfaatkan demi kesejahteraan hidup keluarga yang ditinggalkan.

“Ini juga sebagai bukti kepedulian pemerintah dalam masalah sosial yang berkaitan dengan keselamatan kerja,” katanya.

Nelly Vindawati istri almarhum menginformasikan, tahun 2013 silam, suaminya pernah menderita sakit jantung. Lalu tahun 2015, suaminya mengalami pembengkakan jantung dan mengakibatkan kakinya bengkak. Namun sejak tahun 2015 tersebut, suaminya diagnosis sudah sembuh dan tidak pernah lagi sakit atau mengeluh mengenai kesehatannya.

“Di hari kejadian, seperti biasa bapak berangkat menuju kantor dan pulang ketika istirahat ibadah Jumat. Ketika sore hari, biasanya bapak menghubungi untuk menjemputnya pulang kerja, namun hari itu tidak seperti biasanya. Sebelum Azan Magrib, saya mendapatkan telepon dari Ibu Festi yang merupakan rekan kerja bapak. Ibu Festi mengatakan bahwa bapak pingsan dan dibawa ke RS Ibnu Sina Payakumbuh. Mendengar hal tersebut saya bergegas menuju RS Ibnu Sina Payakumbuh.  Sesampainya di RS Ibnu Sina, saya melihat bapak sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri dengan berbagai alat ditubuhnya. Terlihat di monitor detak jantung bapak sudah berada di garis kuning dan nafasnya lemah. Setelah beberapa lama, bapak dinyatakan meninggal dunia karena serangan jantung,” tutur Nelly kepada pegawai BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi.

Atas santunan itu, Nelly selaku ahli waris merasa sangat bersyukur atas apa yang telah diterimanya itu.

“Kami sangat berterima kasih kepada prusahaan karena telah mendaftarkan anggota keluarga kami jadi pserta BPJS Ketenagakerjaan. Semoga uang ini akan membantu prekonomian keluarga,” ucapnya.(HS/Rel)

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top