Peristiwa

Bercanda Membawa Bom, Pemudik Ini Bikin Bandara Internasional Minangkabau Buncah

HaloSumbar.com – Tidak jua jera, meskipun pemerintah telah berkali-kali mengingatkan soal gurauan bom di angkutan udara, namun hal itu masih saja terjadi. Kali ini gurauan tersebut terjadi pada penerbangan pesawat Wings Air nomor IW1293 dengan rute dari Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat (PDG) tujuan Bandar Udara Sultan Thaha, Jambi (DJB).

Gara-gara gurauan seorang penumpang laki-laki berinisial NS (24), pesawat ATR 72-600 tersebut sempat delay 103 menit, Senin (11/6).

Pesawat itu harusnya lepas landas pukul 17.43 WIB dari jadwal terbang semula pukul 16.00 WIB dan telah mendarat di Sultan Thaha pukul 18.50 WIB, dengan membawa 47 penumpang dewasa, satu anak-anak dan dua bayi.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Wings Air menyatakan, seorang calon penumpang kembali bergurau soal bom, akibatnya pesawat mengalami keterlambatan terbang, kemarin.

“Kejadian itu saat penumpang selesai masuk ke pesawat (final boarding) pukul 15.50 WIB, NS mengaku membawa bom pada barang bawaan yang disampaikan kepada pramugari, saat pramugari akan memindahkan barang tersebut,” ujar Danang.

Setelah diperiksa, tak ditemukan barang bukti berupa bom atau benda mencurigakan lainnya. Pesawat pun akhirnya diterbangkan pada pukul 17.43 WIB dari jadwal terbang semula pukul 16.00 WIB dan telah mendarat di Sultan Thaha pukul 18.50 WIB, dengan membawa 47 penumpang dewasa, satu anak-anak, dan dua bayi.

“Wings Air menegaskan pesawat tersebut dinyatakan laik terbang dan aman (safety). Untuk memberikan kenyamanan penerbangan serta prosedur penanganan penumpang, Wings Air tidak menerbangkan atau menurunkan (off load) NS beserta barang bawaannya,” ucap Danang.

Pihak Wings Air telah menyerahkan NS yang diketahui sebagai abdi negara itu ke pihak avsec Minangkabau Airport dengan didampingi otoritas Bandar Udara Wilayah VI.

Baca juga :  Ada-ada Saja Pemuda Ini Nekat Merokok di Toilet Pesawat Terbang, Begini Akibatnya

Kemudian NS ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas Avsec Angkasa Pura II Cabang Minangkabau serta Kepolisian Sektor Bandar Udara Minangkabau ke pihak Polisi Militer Sumatera Barat untuk dilakukan proses penanganan lebih lanjut.(HS/Depit)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top