Kesehatan

Ditinggal Ibu Kandung, Bayi Mungil di Bukittinggi Jadi Rebutan Calon Orangtua Asuh

HaloSumbar.com – Sepuluh hari tanpa diketahui orangtuanya, sosok bayi yang ditemukan terlantar di depan rumah praktik Bidan Asmiwarti ini akhirnya dijemput oleh Dinas Sosial Kota Bukittinggi, Jumat (22/9).

Beredarnya kabar penemuan bayi di Simpang Tembok, Kota Bukittinggi ini menyita perhatian banyak pihak. Bayi mungil berjenis kelamin laki-laki ini kian menjadi rebutan belasan calon orangtua asuh.

“Yang sudah mendaftar langsung untuk mengadopsinya ada enam orang. Yang menyatakan berminat lewat telpon juga ada belasan orang. Setelah serahterima ini, tim rekrutmen akan mulai bekerja mencari orangtua angkat untuk bayi ini,” ujar Kepala Bidang Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Bukittinggi, Indra Hartati saat menjemput bayi itu ke rumah praktik Bidan Asmiwarti.

Hartati menyebutkan, untuk mendapatkan hak asuh, calon orangtua yang sudah mendaftar ke Dinas Sosial harus memenuhi beragam persyaratan. Diantaranya, usia minimal calon orangtua asuh harus berkisar antara 30 sampai 55 tahun dan mempunyai satu anak.

“Selain itu akan ada 21 syarat administrasi lainnya. Sebelum diserahkan, tim rekrutmen akan melakukan kunjungan ke rumah calon orangtua asuh itu. Pasangan tersebut juga harus lolos uji psikotes,” tegasnya.

Bayi Mungil di Bukittinggi

Dinas Sosial Bukittinggi menjemput bayi mungil yang ditelantarkan orangtua kandungnya dan dititipkan di rumah praktik Bidan Asmiwarti, Jumat (22/9). (HaloSumbar.com/Oneal)

Bidan Asmiwarti mengaku bersyukur adanya kunjungan dari Dinas Sosial tersebut. Dia juga berharap bayi mungil itu segera mendapatkan orangtua asuh.

Bidan Asmiwarti yang akrab disapa Bidan As ini menceritakan, bayi dengan berat 4,5 kilogram dan panjang 49 sentimeter itu pertama kali ditemukan oleh anaknya pada Rabu silam (13/9) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Bayi itu ditinggal begitu saja di kursi depan rumah. Terlambat sedikit saja bayi itu bisa jatuh. Saya kira dari peralatan dan kain yang menyelimuti bayi ini, sepertinya bayi ini bukan anak pertama bagi orangtua kandungnya. Ada kesan orangtuanya sudah berpengalaman. Kalau anak pertama, kainnya tidak akan serapi itu. Tali pusarnya saja sudah dibersihkan,” tutur Bidan As. (HS/Oneal)

Baca juga :  Periksakan Bintik Kecil di Tubuh Anda Segera, Karena Berpotensi Menjadi Kanker Kulit
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top