Daerah

Arus Lalu Lintas dari Bukittinggi ke Payakumbuh Mulai Lancar

HaloSumbar.com – Setelah melewati masa puncak arus balik, kondisi arus lalu lintas dari Kota Bukittinggi menuju Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mulai terpantau lancar, Rabu siang (20/6).

Kecepatan kendaraan dapat dipacu antara 40 hingga 60 km perjam. Para pemudik dari Provinsi Riau dengan nomor polisi BM, sudah mulai terlihat sepi.

Kepolisian Resor Kota Bukittinggi menyebut puncak arus balik terjadi Selasa siang (19/6) hingga malam.

“Hari ini hanya beberapa kendaraan yang tersisa. Sebagian besar hanya perantau yang menghabiskan masa liburan ke beberapa objek wisata,” kata Kaporles Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana saat memantau arus kendaraan Pos Pengamanan Pasar Baso.

Secara garis besar, lanjut Arly, waktu tempuh kendaraan musim lebaran tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun lalu.

“Volume kendaraan yang membludak dan menyebabkan kemacetan hanya pada hari puncak kemarin. Itupun padatnya kendaraan tidak separah tahun lalu,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Sukur Hendri Saputra menyebut salah satu penyebab kemacetan pada saat puncak arus balik masih sama dengan tahun lalu.

“Sebabnya utamanya bukan karena arus mudik. Ada pasar tumpah di sejumlah titik sepanjang jalur Baso-Payakumbuh. Sisi lain, sejumlah pemudik tak sabar dan menerobos sehingga tertumpuk pada beberapa titik. Memang volume kendaraan juga sangat luarbiasa besar,” katanya.

Upaya yang dilakukan, dijelaskan Sukur, pihaknya sudah menyiagakan anggota lantas di setiap persimpangan. Anggota yang bertugas juga sudah menawarkan pemudik untuk melewati jalur alternatif.

“Sayangnya kebanyakan pemudik masih pilih jalur utama,” katanya.

Diketahui, para pemudik yang melewati Jalan Raya dari Bukittinggi ke Payakumbuh juga memadati sejumlah objek wisata diantaranya Lembah Harau dan Jembatan Fly Over Kelok Sembilan. (HS/Oneal)

Baca juga :  Pemkab Agam dan Baznas Gelar Rakor Tentang Pengelolaan Zakat
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top