Daerah

Antisipasi Premanisme Jelang Ramadhan, Polres Solsel Sidak Pasar Tradisional

HaloSumbar.com – Kepolisian Resort (Polres) Solok Selatan gelar inspeksi mendadak (Sidak) di pasar tradisional Padang Aro, Rabu, (25/4/2018). Sidak ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya tindakan kriminalitas di pusat nadi perekonomian kabupaten itu.

Kapolres Solok Selatan, AKBP. Imam Yulisdianto mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang tengah melakukan aktifitas di pasar tersebut.

“Selain itu, kita juga meminta informasi kepada para pedagang apakah ada praktek pungli, premanisme dan tindakan kejatan lainnya di pasar ini. Apalagi jelang bulan pausa,” katanya.

Menurutnya, tindakan kejahatan itu cendrung meningkat jelang ramadhan dan hari raya idul fitri. Karena, saat bulan itu kebutuhan meningkat drastis.

“Kemudian kita juga menamyakan kendala-kendala yang dihadapi di pasar ini. Alhamdullilah, para pedagang rata-rata menjawab tidak ada kendala yang dihadapi,” katanya.

Rata-rata keluhan yang dihadapi pedagang dan masyarakat lanjutnya, harga kebutuhan pokok yang mulai merangkak naik. Dan puncaknya diperkirakan pada ramadhan nanti.

“Untuk harga kebutuhan ini, kita juga lakukan monitoring. Untuk mengantisipasi penumpukan atau monopoli oleh salah satu grosir atau pengepul,” jelasnya.

Karena menurutnya, jika terjadi penumpukan mereka bisa memberikan harga jauh lebih tinggi dari harga biasa. Dan ini menjadi sebuah pelanggaran dan perlu di awasi.

“Mudah-mudahan di Solok Selatan ini. Tidak terkljadi hal yang demikian. Sehingga aktifitas masyatakat tetap lancar,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang Suherman mengatakan, dengan dilakukannya hal seperti ini. Tentu akan berdampak baik bagi pelaku usaha dan masyatakat di pasar ini.

“Kita akan merasa aman dan usaha pun akan berjalan lancar tanpa ada kendala,” pungkasnya.(HS/Oneal)

Baca juga :  Gelar Razia, Tim 7 Kota Payakumbuh Sita 300 Liter Tuak

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top