by

Anak Harimau Sumatera Masuk Perangkap di Palupuah

HaloSumbar.com – Seekor anak harimau Sumatera tertangkap di Palupuah, Kabupaten Agam, Sabtu (14/4). Anak harimau yang diperkirakan berumur kurang dua tahun itu masuk perangkap pasca hari ketiga dipasangnya kerangkeng besi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar.

Tertangkapnya anak harimau Sumatera ini sontak membuat penduduk setempat cemas. Pasalnya, sejak dilaporkan tiga bulan lalu, sedikitnya tujuh ekor anjing sudah menjadi mangsa si kucing belang itu.

Dijumpai HaloSumbar.com di lokasi kejadian, Kepala BKSDA Sumbar Resort Bukittinggi, Andrick mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menentukan nasib harimau itu.

“Sudah kami laporkan ke pimpinan, selanjutnya kami tunggu intruksi dulu mau dibawa kemana harimaunya,” kata dia.

Dijelaskan Andrick, anak harimau yang tertangkap ini sebelumnya dilaporkan warga pada 26 Februari 2018. Pihaknya langsung menindaklanjuti laporan itu dengan melakukan pengusiran menggunakan meriam karbit.

“Setelah beberapa pekan tidak ada lagi gangguan, pada 5 April, warga melaporkan ada seekor anjing yang kembali jadi mangsa. Maka dari itu tiga hari lalu kami pasang kerangkeng,” tuturnya.

Menurut Andrick, jumlah harimau yang dilaporkan warga diprediksi sebanyak tiga ekor. Satu induk, dengan dua anaknya.

“Setelah yang ini (anak harimau) tertangkap, kami minta perangkat nagari untuk menyebarkan informasi agar masyarakat makin waspada,” pungkasnya.

Sesaat sebelum menyelamatkan anak harimau yang sudah masuk kerangkeng itu, warga setempat sempat melarang agar tidak ada yang mendekat ke lokasi.

Warga mencemaskan petugas dan tim, karena disinyalir dua ekor lagi akan mengamuk. Namun setelah negosiasi alot, maka petugas BKSDA ditemani warga untuk masuk ke lokasi menjemput anak harimau itu. (HS/Oneal)

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

News Feed