Pendidikan

Akses ke Sekolah Dipagar, Murid SD Lewati Pagar Seng dan Pematang Sawah

HaloSumbar.com – Satu-satunya jalan menuju SDN 43 Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dipagari seng oleh pemilik tanah. Untuk bisa ke sekolah para siswa terpaksa menyeruak di sela-sela seng setelah melewati pematang sawah.

Informasi yang dihimpun HaloSumbar.com, jalan yang berjarak 200 meter dari jalan utama Kurao tersebut telah dipagari seng sejak Ramadhan lalu.

Salah seorang wali murid SDN 43 Sungai Sapih, Taufik (43) mengatakan, supaya bisa menuju sekolah para siswa harus menyeruak di sela-sela seng dan berjalan di atas pematang sawah. Dia menyebutkan hanya itu satu-satunya jalan menuju sekolah.

“Prihatin kami melihat anak-anak harus berjalan menyeruak seng, bahkan ke pinggir sawah,” ujarnya, Jumat (20/7).

Taufik sendiri mengaku, tidak mengetahui pasti latar belakang pemagaran jalan tersebut. Namun, informasinya, jalan yang dipagar seng itu memang tidak masuk dalam rencana jalan menuju SDN 43 Sungai Sapih. Justru sebaliknya, sawah tempat siswa berjalan kaki itulah yang nantinya akan dijadikan jalan.

“Barangkali pemilik tanah khawatir jalan itu akan ditempuh seterusnya, makanya dipagar,” ulasnya.

Taufik berharap Dinas Pendidikan Kota Padang dapat segera turun tangan. Sebab, ini menyangkut kelangsungan pendidikan anak-anak.

“Kami sebagai wali murid, berharap sekali persoalan ini cepat diselesaikan,” harapnya kemudian.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengaku, sudah mengetahui kejadian pemagaran itu. Katanya, persoalan akses jalan itu, kini tengah dibahas di tingkat Kecamatan.

“Kami masih menunggu hasil di tingkat Kecamatan. Jika harus membayar ganti nantinya, tentu Dinas Pendidikan yang akan menyelesaikan,” ujar Barlius.

Kendati demikian, lanjut Barlius, pemagaran tersebut tidak mengganggu proses belajar mengajar. Siswa dan guru SDN 43 Sungai Sapih masih beraktifitas seperti biasa.

Baca juga :  Kota Padang Dikukuhkan Sebagai Kota Asuransi

“Prose belajar mengajar tidak terganggu,” ulasnya. (HS/DH)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

HaloSumbar.com merupakan media online asal Sumatra Barat yang menyuguhkan informasi update dan berimbang dengan tagline Lugas Menginspirasi. Dipublikasikan oleh PT. Halo Kreatif Mandiri

Copyright © 2018 PT. Halo Kreatif Mandiri.

To Top