by

73 Napi Narkoba di Sawahlunto Ketiban Remisi HUT RI

HaloSumbar.com – Sebanyak 73 warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Narkotika Sawahlunto mendapat remisi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73.

Lapas Kelas III Narkotika Sawahlunto sendiri dihunui 154 narapidana (Napi) dan 6 tahanan atau berjumlah 160 orang.

Kalapas Kelas III Narkotika Sawahlunto, Nasir mengatakan, para napi yang mendapatkan remisi telah memenuhi syarat remisi umum yang kami usulkan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Semua yang di usulkan oleh Lapas, diterima oleh Kementerian Hukum dan HAM namun tidak ada napi yang mendapat remisi umum II atau langsung bebas.

“Semuanya dapat remisi umum I pengurangan masa tahanan. Pengurangan masa tahanan itu beragam mulai dari 1 bulan hingga 5 bulan,” katanya di Lapas Kelas III Narkotika Sawahlunto, Jumat (17/8/2018).

Nasir menjelaskan, napi yang mendapat RU I pengurangan masa tahanan 1 bulan 30 orang, 2 bulan 28 orang, 3 bulan 12 orang, 4 bulan 1 orang dan 5 bulan 2 orang.

Pemberian remisi tersebut, merujuk pada 3 faktor utamanya. Salah satunya adalah perilaku napi selama dalam masa tahanan.

“Berperilaku yang baik itu yang pasti mereka tidak melanggar tata tertib. Jika melanggar, sesuai perundangan yang berlaku maka akan ada hukum yang dibebankan,” katanya.

Penyerahan remisi diserahkan oleh Pj Walikota Sawahlunto Abdul Gafar di Lapas Kelas III Narkotika Sawahlunto, Kandi, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, sekitar pukul 07.00 Wib. (HS/IS)

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed