by

Salurkan Bantuan, KKI Warsi : Gempa Solsel Duka Kita Bersama

HaloSumbar.com – Peduli korban gempa bumi Solok Selatan, Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi salurkan bantuan berupa logistik dan peralatan trauma healing, Minggu (10/3/2019) di Nagari Sungai Kunyit, Solok Selatan.

Diketahui, gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Solok Selatan pada Kamis (28/2/2019) silam mengakibatkan ratusan rumah rusak, puluhan jiwa mengalami luka-luka. Kejadian ini tentunya menimbulkan luka psikis tersendiri bagi para korban.

Manager Program KKI Warsi, Rainal Daus, menjelaskan bahwa gempa bumi beberapa waktu lalu, telah menjadi duka bersama. Dirinya berharap upaya yang dilakukan berbagai pihak dapat membantu meringankan beban ribuan para korban.

“Bantuan yang disalurkan tentunya tidak bisa mengembalikan bangunan yang hancur, hanya saja kita berharap bantuan ini dapat mendukung program penanganan trauma, terutama untuk kelangsungan hidup korban bencana,” terang Rainal.

Dikatakan Rainal, bantuan yang disalurkan bersumber dari penggalangan dana kemanusian KKI Warsi yang dibuka tanggal 4 Maret 2019. Bantuan dikonversikan dalam bentuk logistik dan peralatan trauma healing.

“Bantuan yang diberikan dalam bentuk logistik seperti sembako yang diberikan kepada 152 Kepala Keluarga, peralatan trauma healing dan sebagainya,” sebutnya.

Lebih lanjut, bantuan diserahkan langsung oleh Manejer Program KKI Warsi secara simbolis dan penyaluran, kepada Wali Nagari Sungai Kunyit, Rusnijal.

Rusnijal yang menerima langsung bantuan dari KKI Warsi menyampaikan terimakasih atas kepedulian terhadap korban gempa Solok Selatan.

“KKI Warsi telah memberikan bantuan  dalam bentuk sembako, dan peralatan trauma healing. Kami mewakili masyarakat sangat berterimakasih, semoga tersalur merata dan bermanfaat,” katanya.

Terpisah, Koordinator Lapangan KKI Warsi, Asrul Azis Sigalingging, mengatakan Solok Selatan merupakan salah satu kabupaten yang menjadi wilayah dampingan KKI Warsi di Sumatera Barat. Dia berharap, masyarakat untuk bersabar dan pemerintah dapat meningkatkan manajemen mitigasi kebencanaan.

“KKI Warsi dan masyarakat Solsel memiliki ikatan emosional yang kuat. Kami berharap masyarakat tetap tabah sembari pulih dari cobaan ini. Kiranya kedepan, pemerintah bersama seluruh elemen dapat secara bersama-sama bersinergi dalam meningkatkan mitigasi kebencanaan untuk menghidari jatuhnya korban dan meminimalkan dampak kerusakan,” ungkap Aziz. (Rilis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *